Sukses

Obat Epilepsi Terbaru Aman Bagi Ibu Hamil

wanita yang mendapat resep obat epilepsi baru, levetiracetam dan topiramate selama kehamilan tidak berisiko mengganggu perkembangan mental

Liputan6.com, Jakarta Peneliti Inggris melaporkan, wanita yang mendapat resep obat epilepsi baru, levetiracetam dan topiramate selama kehamilan cenderung aman dan tidak berisiko mengganggu perkembangan mental janin dalam kandungan.

Tapi umumnya resep obat anti-kejang, seperti valproate dikaitkan dengan IQ lebih rendah pada anak-anak, terutama ketika diambil pada dosis yang lebih tinggi, kata peneliti.

"Pengobatan epilepsi pada wanita yang sedang hamil akan mengoptimalkan kesehatan ibu serta menjaga risiko pada janin serendah mungkin," kata pemimpin peneliti Rebecca Bromley dari Institute for Human Development di University of Manchester, seperti dilansir WebMD, Selasa (6/9/2016).

Dalam studi tersebut, anak-anak yang terkena levetiracetam (Keppra) atau topiramate (Topamax) di dalam rahim tidak berbeda dari anak-anak yang tidak terkena obat ini. Dan mereka memiliki hasil yang lebih baik daripada anak-anak terkena valproate (Depakote) dalam hal keterampilan IQ, pemikiran dan bahasa mereka.

"Data ini dapat digunakan oleh dokter dan wanita untuk membantu mereka membuat keputusan mereka tentang yang obat yang terbaik untuk mereka," katanya.

Tapi karena yang peneliti gunakan tidak mencakup semua wanita dengan epilepsi, temuan jadi tidak berlaku untuk semua wanita dengan kondisi tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa topiramate, salah satu obat yang lebih baru, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko cacat lahir, seperti bibir sumbing dan palatolabioskizis.

Meskipun demikian, penelitian ini memberikan dokter alasan untuk memilih topiramate atau levetiracetam, yang tidak menunjukkan efek pada perkembangan anak, tidak seperti valproate yang memberikan efek samping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.