Sukses

10 Resep Tunda Proses Penuaan

Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dialami oleh semua orang di dunia. Namun pastinya kita ingin bukan, untuk menundanya?

Liputan6.com, Jakarta Penuaan merupakan proses alami yang pasti akan dialami oleh semua orang di dunia. Namun pastinya kita ingin untuk menunda atau memperlambat proses ini, bukan?

Beberapa orang mungkin akan menghabiskan banyak uang demi bisa mendapatkan kulit yang awet muda. Namun sepuluh kiat rahasia berikut ini tidak memerlukan banyak uang, seperti yang dilansir dari laman MSN, Rabu (7/9/2016);

1. Tidur nyenyak
Tips pertama adalah mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak. Karena seperti yang sudah diketahui, tidur sangat penting untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat. 

Jika Anda tidak mendapatkan tidur setidaknya delapan hingga sembilan jam sehari, Anda nantinya akan tampak sepuluh tahun lebih tua daripada usia Anda yang sebenarnya, lima tahun ke depan.

2. Jangan tidur tengkurap
Jika Anda suka dengan posisi tidur tengkurap yang membuat wajah tertekan dan menempel ke bantal, ini dapat menyebabkan “garis tidur” saat Anda bangun. Namun seiring bertambahnya tahun, garis tersebut akan cepat menimbulkan keriput di wajah (penuaan dini).

3. Menggunakan serum anti kerut
Menurut ilmuwan, menggunakan krim ini adalah salah satu cara terbaik agar keriput tidak cepat muncul. Selain itu, krim ini juga akan memberikan efek wajah yang bercahaya.

4. Gunakan pembersih wajah yang baik
Mencuci wajah menggunakan sabun, tidak hanya membuat kulit kering namun juga akan meninggalkan kerutan permanen. Lebih baik, selalu gunakan pembersih wajah yang lembut untuk mengangkat kotoran dan debu yang sudah kita kumpulkan sepanjang hari. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selalu gunakan pelembap sebelum tidur

5. Selalu gunakan pelembap sebelum tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit kita memiliki kemampuan menyerap tertinggi saat malam hari. Sehingga waktu tidur merupakan waktu terbaik untuk menutrisi kulit agar tidak cepat menua.

6. Banyak minum air putih
Air penting diminum secara teratur karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dokter menyarankan agar kita minum delapan gelas per hari, karena dengan minum banyak air putih, tidak hanya membuat kulit bercahaya, namun juga membuat Anda terlihat lebih awet muda.

7. Minum susu
Biasakan minum susu setidaknya satu gelas setiap hari, susu baik untuk kulit karena dapat mempromosikan kelembapan dan mencegah kekeringan. Susu juga mampu mengurangi kulit gelap yang disebabkan oleh proses penuaan.

8. Makan diet sehat dan seimbang
Anti penuaan dan konsumsi makan sangat berkaitan. Banyak ahli gizi yang setuju bahwa cara terbaik melawan efek negatif penuaan adalah dengan merencanakan nutrisi makan yang tepat. Awalnya memang sulit untuk mengubahnya, sehingga ahli gizi menyarankan untuk mengubahnya sedikit demi sedikit.

9. Olahraga
Penelitian telah menunjukkan bahwa 30 menit berolahraga dengan intensitas moderat setiap hari bisa memperlambat proses penuaan.

10. Jangan suka mengerutkan bibir, alis dan mata Anda
Garis kerutan tersebut tidak hanya tiba-tiba terjadi, namun hal ini disebabkan karena Anda sering membuat gerakan wajah tersebut berulang-ulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini