Sukses

Lingkar Pinggang Besar? Waspada Kanker Payudara

Studi pada wanita India, mereka yang miliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm berisiko tiga kali lipat terkena kanker payudara.

Liputan6.com, Jakarta Waspada dengan ukuran lingkar pinggang yang besar. Studi menunjukkan ada hubungan antara lingkar pinggang besar dengan kanker payudara.

Studi yang dilakukan rumah sakit kanker di India, Tata Memorial menunjukkan obesitas dan kegemukan dengan ukuran pinggang lebih dari 80 cm meningkatkan risiko kanker payudara tiga kali bagi perempuan India. Studi ini dipublikasikan dalam European Journal of Cancer akhir Agustus lalu.

"Studi kami menunjukkan obesitas sentral meningkatkan risiko setiap jenis kanker payudara. Baik pada wanita yang belum menopause maupun sudah menopause," kata penulis utama studi, dokter Rajesh Dikshit.

"Ada beberapa jenis kanker payudara. Beberapa di antaranya bergantung pada hormon estrogen. Hanya beberapa kasus terjadi pada wanita menopause," lanjut Dikshit seperti dikutip laman Times of India, Minggu (4/9/2016).

Melihat hal ini, dokter Dikshit mengatakan ia yakin masih ada kesempatan bagi wanita India mengontrol berat badan dan lingkar pinggang dengan menjaga pola makan dan olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.