Sukses

Apakah Roti Benar-benar Sehat?

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa suka menyantap roti.

Liputan6.com, Jakarta Selain nasi, roti merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa suka menyantap roti. Namun, banyak dari kita mungkin pernah mendengar berbagai perdebatan mengenai apakah roti sehat atau tidak untuk dikonsumsi setiap hari.

Sebagian teori mengatakan roti tidak sehat karena memiliki kandungan yang mirip dengan nasi. Sebenarnya, teori tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada berbagai jenis roti seperti roti gandum, multi-grain bread dan roti putih atau white bread yang dikenal lebih sehat dibanding roti biasa.

Roti gandum merupakan jenis roti yang sudah semakin dikenal oleh banyak orang sebagai roti yang menyehatkan. Bahan utama gandum dikenal kaya serat yang berguna bagi tubuh. Selain itu, gandum mengandung karbohidrat, protein juga vitamin A.

Berikut ini manfaat roti gandum yang harus Anda ketahui seperti dilansir laman Boldsky, Minggu (4/9/2016).

1. Mencegah serangan jantung

Studi penelitian telah menemukan bahwa roti gandum memiliki kemampuan untuk menghilangkan akumulasi kolesterol di arteri. Ini penting untuk meminimalisir terjadinya penyakit kardiovaskular.

2. Mengobati depresi

Roti gandum dipercaya bisa mengobati depresi karena meningkatkan produksi serotonin di otak untuk mengurangi gejala depresi.

3. Mengurangi rasa lapar

Roti gandum yang utuh lebih sehat karena bisa menjaga Anda dari rasa lapar berlebih. Sehingga, Anda bisa menjaga berat badan tetap ideal.

4. Meningkatkan energi

Roti gandum kaya akan karbohidrat, dan ketika karbohidrat digunakan oleh tubuh, mereka akan meningkatkan energi Anda.

5. Mencegah diabetes

Roti gandum juga bisa mengatasi diabetes karena kandungan serat dalam roti gandum dapat mengontrol lonjakan gula darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan pencernaan

Roti gandum kaya akan serat yang mampu meningkatkan pencernaan dan menjaga usus Anda bebas dari kotoran dan racun, serta tentu saja mencegah sembelit.

7. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit

Gandum kaya akan vitamin B dan protein sehingga bisa meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

(Aluna Swara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini