Sukses

Atasi Batuk yang Menjengkelkan dengan 5 Cara Ini

Batuk yang tidak kunjung hilang memang sangat menjengkelkan.

Liputan6.com, Jakarta Batuk yang tidak kunjung berhenti memang sangat menjengkelkan. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, salah satunya flu. Namun sebenarnya, batuk juga memiliki maksud positif.

“Batuk memiliki tujuan penting, karena ini cara tubuh Anda menjaga hal-hal yang tidak diinginkan masuk ke paru-paru. Namun sayangnya, batuk pasca-virus gejalanya bisa bertahan lama di tubuh,” jelas direktur Common Cold Centre di Cardiff University, Profesor Ron Eccles.

Meski hal tersebut membantu kita untuk lebih memaklumi kondisi saat sakit batuk, tentunya tidak mau berlama-lama mengalaminya.

Untuk menyingkirkan batuk tersebut, coba beberapa cara di bawah ini, seperti yang dilansir dari mirror, Jumat (2/9/2016):

1. Tetap terhidrasi
Saran terbaik adalah menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik jika Anda sedang flu, karena akan membantu mengurangi radang selaput lendir. Selain itu, dengan minum banyak cairan juga akan melumasi dan menjaga tenggorokan. Anda bisa mencoba minum air hangat dengan madu dan lemon.

2. Istirahat yang cukup
Jangan terlalu memforsir tubuh saat tubuh dalam kondisi ini, lebih baik istirahat yang cukup untuk memulihkan tubuh dengan cepat.

3. Jangan hanya membeli obat yang sering digunakan
Lebih baik tanyakan terlebih dahulu pada asisten kesehatan atau apoteker, karena mereka dapat memberikan saran mengenai obat yang cocok untuk Anda. Karena, salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan orang-orang adalah membeli obat yang sering digunakan, padahal sebenarnya ada beberapa kandungan di dalamnya yang mungkin kurang cocok untuk gejala yang Anda rasakan.

4. Selalu bawa tisu
Kuman dapat tersebar dengan mudah melalaui bersin dan batuk. Jadi, selalu bawa tisu dan gunakan setiap batuk atau bersin untuk menghentikan penyebaran kuman ke sekitar Anda.

5. Biasakan cuci tangan
Biasakan cuci tangan secara teratur dan sesegera mungkin setelah Anda bersin atau batuk. Hal ini untuk mencegah virus tidak tersebar melalui permukaan benda-benda yang Anda pegang. Sehingga keluarga, teman, maupun kolega tidak tertular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini