Sukses

Penderita Penyakit Ini Harus Segera Berhenti Merokok

Liputan6.com, Jakarta Merokok memang berbahaya bagi kesehatan. Terutama bagi Anda yang menderita penyakit Crohn. Penyakit Crohn atau Crohn Disease merupakan salah satu penyakit radang usus jangka panjang ketika peradangan bisa terjadi pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa orang dengan penyakit Crohn lebih mungkin untuk kambuh kembali setelah menjalani operasi jika mereka terus merokok. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan usus hingga menyebabkan peradangan yang parah.

Dokter menyarankan agar perokok berhenti merokok agar terhindar dari penyakit yang ditandai dengan diare akut, sakit perut dan badan melemah. Menurut Jack Satsangi, Profesor di University of Edinburgh di Inggris mengatakan, kebanyakan pasien membutuhkan pembedahan untuk menghilangkan penyakit ini yang telah menyerang bagian usus mereka.

Seperti dilansir laman Boldsky, Sabtu (3/9/2016), meskipun telah diobati dengan jalan operasi, namun penyakit seperti ini sering kambuh. Sementara ini, terapi obat efektif mencegah penyakit Crohn kambuh kembali setelah operasi. Namun, ini hanya berlaku pada pasien yang tidak merokok.

Thiopurines merupakan salah satu jenis obat yang selama ini dipakai untuk mencegah penyakit tersebut kambuh. Berdasarkan penelitian yang dirilis The Lancet Gastroenterology and Hepatology, tingkat kekambuhan pasien yang tidak merokok jauh lebih rendah meski tanpa obat-obatan. Namun, penelitian ini memang masih belum sempurna.

"Ada yang belum terpenuhi untuk mengidentifikasi terapi atau perubahan gaya hidup yang bisa membuktikan kekambuhan penyakit Crohn setelah operasi untuk menghindari pasien menjalani beberapa kali operasi," kata Satsangi.

Artikel oleh Aluna Swara.