Sukses

5 Fakta Menarik Sekaligus Unik Seputar Bau Badan

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kita menghabiskan uang untuk membeli produk yang dirancang mencegah dan menutupi bau badan, hal ini dilakukan karena kita malu memilikinya. Namun sebenarnya, bau badan merupakan suatu hal yang alami dan bahkan memiliki fakta menarik.

Berikut adalah lima fakta menarik tentang bau badan atau aroma tubuh yang mungkin akan membuat Anda tercengang, seperti yang dilansir dari She Knows, Kamis (1/9/2016):

1. Keringat Anda sebenarnya tidak bau

Keringat tanpa pengaruh bakteri, sebenarnya tidak berbau. “Bau badan terjadi karena beberapa bakteri yang biasanya berada di kulit kita menghasilkan zat  tertentu dari sekresi kelenjar keringat, sehingga menyebabkan bau busuk,” ujar Dr. Amesh Adalja di Division of Infectious Diseases at the Department of Medicine University of Pittsburgh Medical Center and School of Medicine.


2. Aroma tubuh Anda khusus dan unik

Aroma yang dihasilkan tubuh Anda, tidak seperti aroma tubuh yang dihasilkan oleh sahabat Anda. “Setiap orang memiliki aroma tubuh yang unik. Walaupun kebanyakan manusia tidak menggunakan rasa tersebut lagi, namun hewan (terutama anjing) dapat mengidentifikasi orang dengan aroma tubuh yang dikeluarkannya, “ demikian penjelasan direktur medis di SignatureCare Pusat Darurat di Houston, Dr. Aaron Braun.

 

3. Kita memilih pasangan berdasarkan aroma mereka

Memang, awalnya kita jatuh cinta pada matanya. Namun coba pikirkan, bagaimana aroma tubuh yang dikeluarkan pasangan? tentunya ini menjadi salah satu faktor ketertarikan kita padanya. Para ilmuwan bahkan telah mengemukakan fakta bahwa kita lebih suka memilih pasangan dengan sistem kekebalan tubuh yang berbeda dengan kita. Hal ini mungkin berasal dari manfaat evolusioner untuk menjaga anak-anak kita sehat dan terlindung dari suatu penyakit.

 

4. Vegetarian dan pemakan daging memiliki bau tubuh yang berbeda

Braun mengatakan bahwa diet merupakan salah satu faktor terbesar pemicu bau badan. “Diet yang penuh dengan rempah-rempah seperti kari atau jintan, apabila mengendap dalam pori-pori kulit dalam kurun waktu lama bisa mempengaruhi bau tubuh Anda. Ini sama seperti daging merah, karena daging merah memerlukan waktu yang lama untuk dicerna dan membusuk di dalam tubuh. Daging yang membusuk di saluran pencernaan Anda, tentunya akn mempengaruhi keringat dan bau badan,” ujarnya.

 

5. Wanita menyukai bau keringat pria

Wanita mengalami perubahan emosional dan fisiologis saat mencium aroma tubuh pria. Kimia yang dihasilkan oleh tubuh pria, androstadienone, mampu mempengaruhi suasana hati wanita. Selain itu, kadar kortisol-nya berpengaruh terhadap siklus haid serta hormon ovulasi pada wanita. 

Video Populer

Foto Populer