Sukses

Mengapa Jerawat di Telinga Terasa Lebih Sakit?

Liputan6.com, Jakarta Jerawat yang dapat tumbuh di seluruh permukaan tubuh cukup mengganggu penampilan. Bahkan jerawat yang sedang matang-matangnya terkadang memberikan rasa sakit dan gatal yang meresahkan, khususnya jerawat di permukaan kulit yang tipis seperti telinga.

"Bakteri di dalam dan sekitar telinga dapat menyebabkan infeksi dan peradangan. Hal tersebut yang menyebabkan jerawat di kuping terasa lebih sakit," kata Dr Dendy Engelman, ahli bedah dermatologi di New York City.

Engelman menjelaskan, selain permukaan kulit telinga yang tipis juga bersentuhan dengan tulang rawan yang rentan dengan peradang dan mengarah pada chondritis atau rasa nyeri yang menyakitkan.

"Bagian telinga termasuk kulit dalam telinga yang penuh dengan kelenjar sebaceous mudah tersumbat dan menyebabkan bakteri mudah masuk ke dalam," kata Engelman, seperti dikutip laman Refinery29, ditulis Kamis (1/9/2016).

Menurut Engelman, penyebab utama dari tumbuhnya jerawat berasal dari kondisioner rambut, gel rambut, hair spray, dan produk perawatan rambut lainnya yang menyumbat ke dalam pori-pori sekitar telinga, "Jadi pastikan untuk membersihkan telinga usai menggunakan semua produk tersebut."

Untuk mengatasinya Engleman merekomendasikan untuk menyeka bagian luar dan dalam telinga dengan kapas yang dicelupkan alkohol. Hindari memecahkan jerawat atau menyentuhnya agar tak menjadi infeksi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.