Sukses

Rutin Makan Buah Saat Hamil, Bayi Jadi Lebih Pintar?

Liputan6.com, New York- Tentu kita tahu mengonsumsi buah itu penting. Namun pada saat hamil, calon ibu perlu rutin mengonsumsi buah. Studi menunjukkan ibu hamil yang gemar mengonsumsi buah, anak bakal tumbuh lebih pintar.

Peneliti menunjukkan setiap tambahan asupan buah pada ibu hamil meningkatkan nilai kognitif anak. Hasil studi ini diketahui lewat analisis 688 anak-anak yang masuk ke dalam studi Canadian Healthy Infant Longitudinal Development.

Profesor pediatri University of Alberta, Kanada, Piush Mandhane mengungkapkan terkejut melihat korelasi antara wanita hamil yang mengonsumsi buah dengan tingkat kognitif anak lebih baik. Meski begitu, Prof Piush mengungkap hal ini baru diperkenankan sebagai saran saja pada ibu hamil.

"Kami tidak ingin wanita hamil jadi hanya konsumsi buah saja dalam porsi besar," kata Piush.

"Ini adalah studi tunggal dan kami belum temukan efek kesehatan dari asupan buah yang banyak," kata Piush lagi seperti dikutip laman Good Housekeeping, Rabu (31/8/2016).

Prof. Piush mengungkapkan kepada Journal ia menyarankan wanita hamil sebaiknya memenuhi asupan buah harian, yaitu satu hingga 1,5 cup buah per hari.

Dalam studi sebelumnya disebutkan asupan buah berlebihan meningkatkan wanita terkena diabetes gestasional, tingginya kadar gula darah saat kehamilan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.