Sukses

Langkah-Langkah Terbebas dari Narkoba (I)

Meski sulit, bukan berarti tak bisa lepas dari candu narkoba. Banyak orang sudah membuktikan mampu bebas dari kecanduan narkoba.

Liputan6.com, Jakarta Narkoba mampu menjerat siapa saja. Masyarakat umum, politikus, dan publik figur pun bisa terjerat narkoba, termasuk di antaranya Gatot Brajamusti dan Reza Artamevia. Sekali terjerumus, maka sulit keluar dari perangkap narkoba alias menjadi kecanduan.

Meski sulit, bukan berarti tak bisa lepas dari candu narkoba. Banyak orang sudah membuktikannya. Bimbim Slank misalnya. Dulu ia pernah kecanduan narkoba, namun kini sudah berhasil tak konsumsi narkoba bahkan kini aktif mengkampanyekan hidup tanpa narkoba.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa keluar dari candu narkoba? Pemulihan (dari kecanduan) memang sebuah proses yang panjang, sesuatu yang membutuhkan waktu, komitmen, motivasi serta dukungan pihak luar.

Ada tujuh hal penting yang perlu dilakukan seperti dikutip yayasan sosial di bidang penanggulangan masalah penyalahgunaan NAPZA, Sekar Mawar pada Rabu (31/8/2016) berikut ini:

1. Membuat keputusan untuk berubah

Ini adalah langkah awal paling besar untuk keluar dari candu narkoba. Biasanya akan terjadi perang batin dalam menentukan pilihan ini. Pemulihan (dari kecanduan) memang sebuah proses yang panjang, sesuatu yang membutuhkan waktu, komitmen, motivasi, serta dukungan pihak luar.

Pikirkan hal ini saat mengambil keputusan untuk berubah:
- Tentang suatu perubahan.
- Jika terus memikirkan tentang narkoba, kapan bisa memakai dan berapa banyak yang dipakai, maka berarti hidup Anda akan dikuasai oleh kecanduan itu.
- Buat daftar untung ruginya bila terus mengonsumsi obat.
- Pertimbangkan hal-hal yang penting dalam hidup, seperti pasangan, anak, pekerjaan, dan kesehatan.
- Sebesar apa dampak yang ditimbulkan bagi mereka gara-gara memakai narkoba.
- Berbicaralah dengan seseorang yang dipercaya, tanyakan bagaimana perasaannya bila kamu memakai narkoba.
- Tanyakan pada diri sendiri, hal manakah yang menghambat perubahan dan apa saja membuat kamu bisa berubah?
- Persiapan untuk perubahan

2. Pelajari model treatment yang dipilih

Treatment yang baik untuk mengatasi kecanduan narkoba bersifat holistik. Terapi ini bukan hanya untuk mengatasi masalah fisik akibat penyalahgunaan narkoba, tetapi juga untuk mengatasi masalah kesehatan mental atau jiwa.

Lalu, perlu diingat juga beberapa hal berikut ini:
-Treatment sebaiknya tidak hanya ditujukan untuk mengatasi masalah penyalahgunaan obat karena kecanduan itu menyangkut banyak aspek dalam kehidupan.
- Kunci untuk sukses adalah komitmen dan kepatuhan.
- Ada banyak tempat yang bisa memberi pertolongan.
- Tidak ada treatment yang paling unggul dan cocok bagi semua orang.

3. Cari dukungan dari orang-orang yang dipercaya

Semakin banyak hal positif di sekitar orang yang ingin pulih dari kecanduan narkoba, semakin besar kemungkinan pulih. Salah satunya dukungan dari orang-orang di sekitar.

Dukungan orang-orang sekitar membuat upaya bebas dari kecanduan narkoba pun akan semakin meringankan beban pecandu narkoba. Cara mencari dukungan dari orang-orang terpercaya dengan:
- Mendekati teman akrab serta keluarga.
- Bangun suatu jaringan sosial yang sehat.
- Pertimbangkan untuk pindah ke lingkungan rumah yang sehat.
- Buat prioritas dalam memilih jadwal pertemuan dengan teman atau kelompok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.