Sukses

Tak Makan Martabak dan Gorengan, Rikas Harsa Turun 9 Kilogram

Liputan6.com, Jakarta Dari tahun ke tahun tren bentuk tubuh pria rupanya terus berganti. Berawal pada tahun 1870 bentuk tubuh yang diminati pria ialah tampilan tubuh gemuk dengan perut buncit karena melambangkan kemakmuran. Berbeda dengan pria masa kini yang lebih tertarik berusaha sekuat tenaga demi memiliki tubuh proporsional.

Hal tersebut benar dirasakan oleh Rikas Harsa, pemenang L-Men of the Year 2010 yang saat ini berkecimpung di dunia entertainment. Saat ditemui Health-Liputan6.com, dalam perayaan 15 tahun L-Men, Selasa (30/8/2016) Rikas mengaku sempat memiliki ukuran tubuh yang tergolong besar, "Dulu itu berat saya sekitar 78 kilogram--itu sekitar taun 2007 atau 2008. Dan dulu suka banget makan martabak sama gorengan."

Butuh waktu selama 1,5 tahun untuk mendapatkan tubuh proporsional seperti sekarang. Dalam usaha menurunkan berat badan sekaligus membentuk lekuk tubuhnya, Rikas harus rela memangkas makanan favoritnya.

"Jadi selama 1,5 tahun saya berenti makan gorengan--kalau makan paling cuman weekend doang jadi kayak cheat day gitulah istilahnya," ungkapnya.

Menu diet Rikas selama menjalankan usaha penurunan berat badan tak jauh dari mengonsumsi makanan yang rendah lemak seperti beras merah dan dada ayam, juga sayur dan buah. Menu tersebut cukup membuat dirinya bosan namun menurutnya jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal usahanya juga harus ekstra, tambahnya.

Sebelum mengubah pola diet, kebetulan Rikas memang sudah melakukan gym sebagai bentuk aktivitas fisiknya. Tetapi untuk menyempurnakan tubuh ideal yang ia inginkan, tak tanggung-tanggung ia pun menambah ritme gymnya.

"Gymnya itu dulu saya tiga sampe empat kali dalam seminggu. Misalkan di hari Senin saya latihannya bagian dada sama bisep--besoknya latihan back sama kaki. Jadi setiap hari tuh latihannya muscle yang berbeda," kata pria berkulit cokelat ini.

Tak sebatas pola diet dan aktivitas fisik, Rikas pun menegaskan untuk meraih tubuh idaman semua pria wajib menghindari rokok, "Kalau merokok saya memang enggak."

Usaha Rikas pun tak menjadi sia-sia, bahkan belum mencapai satu tahun dirinya sudah berhasil menghilangkan sembilan kilogram dengan bentuk tubuh yang sempurna.