Sukses

Cara Mudah Atasi Insomnia Tanpa Obat

Insomnia tidak hanya mengurasi energi dan suasana hati, tetapi juga kesehatan Anda, kinerja dan kualitas hidup.

Liputan6.com, Jakarta Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur atau tetap tertidur. Dengan insomnia, Anda biasanya terbangun lebih cepat tapi sulit untuk tidur kembali, sehingga mengganggu aktivitas di siang hari. Insomnia tidak hanya mengurasi energi dan suasana hati, tetapi juga kesehatan Anda, kinerja dan kualitas hidup.

Penyebab insomnia antara lain stres dan kecemasan, terlalu sering menggunakan stimulan, gula, gangguan pencernaan, sakit, alkohol, kurangnya aktivitas fisik, sindrom kaki gelisah, perubahan hormonal, atau kondisi medis lainnya.

Untuk mengatasi insomnia tanpa obat, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi yang dilansir laman Osteopathic, Selasa (30/8/2016):

1. Cobalah untuk mempertahankan kebiasaan tidur rutin. Artinya, pergilah tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi tidak peduli seberapa mengantuk Anda. Di beberapa malam pertama mungkin Anda akan mengalami kesulitan, tetapi akhirnya tubuh Anda akan terbiasa untuk mempertahankan jadwal yang sama.

2. Berikutnya, hindari tidur siang karena orang yang tidur siang lebih sulit untuk tertidur di malam hari. Jika Anda dapat melewatkan tidur siang, Anda tidak hanya akan tertidur lebih cepat tapi juga mendapatkan kualitas tidur yang cukup di malam hari.

3 Hindari kafein dan alkohol. Kafein adalah stimulan otak yang mengganggu tidur. Alkohol mungkin tampak menggiurkan pada awalnya, namun justru menyebabkan terbangun lebih pagi dan sulit untuk tidur kembali.

4. Jangan biasakan menonton TV, makan, atau melakukan kegiatan lain di tempat tidur Anda. Anda harus melatih otak untuk berpikir bahwa saat naik ke tempat tidur, itu artinya saatnya untuk tidur.

5. Hindari ngemil. Hindari gula atau karbohidrat dua jam sebelum tidur. Jika Anda lapar, makan porsi kecil seperti satu gelas susu hangat, ayam goreng, atau kacang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini