Sukses

Kelola Diabetes Tak Cukup Hanya dengan Obat

Dokter spesialis penyakit dalam dari FKUI/RSCM Em Yunir mengungkapkan obat bukan satu-satunya cara mengelola diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang dengan diabetes (diabetesi) berpikir cara menjaga kadar gula darah hanya dengan konsumsi obat-obatan. Padahal dokter penyakit dalam dari FKUI/RSCM Em Yunir mengungkapkan obat bukan satu-satunya cara mengelola diabetes.

"Pengelolaan diabetes itu bukan sekadar obat. Perlu juga pengaturan makan, rajin olahraga, makan obat dan kalau perlu insulin, edukasi tentang diabetes, dan monitoring gula darah. Kelima aspek ini perlu," kata dokter Yunir dalam acara yang digelar Roche Indonesia di Jakarta pada Selasa (30/8/2016).

Namun, pria dari Divisi Metabolik Endokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM ini mengatakan, banyak orang yang sering melupakan pentingnya edukasi dan monitor gula darah.

Edukasi pada diabetesi juga mencakup  pengetahuan seseorang mengenai cara mengubah gaya hidup sehat dan obat yang dikonsumsi. Lalu monitor gula darah dengan melakukan pengecekan gula darah rutin. Jika gula darah terkendali, komplikasi penyakit pun akan datang lebih lambat. 

"Aspek yang perlu diingat diabetes merupakan penyakit kronik, enggak mungkin (pengelolaan penyakit ini) cuma melakukan satu aspek saja," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Diabetesi

Video Terkini