Sukses

Cari Tahu Manfaat Kesehatan Tidur Tanpa Bantal

Anda mungkin tahu, tidur dengan bantal di kepala akan mendukung leher dan tulang belakang.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tahu, tidur dengan bantal di kepala akan mendukung leher dan tulang belakang. Nyatanya, hal ini mungkin hanya mitos. Tapi jangan langsung membuang bantal Anda. Pastikan untuk mengikuti beberapa langkah berikut agar Anda bisa tetap tidur dengan nyaman malam ini.

Tidur tanpa bantal ternyata memiliki manfaat kesehatan seperti mengurangi sakit leher, punggung dan nyeri bahu, membuat tidur lebih berkualitas dan bahkan mengurangi keriput.

Seorang peneliti, Michael Tetley juga mengatakan, postur tidur alami dan menyehatkan ada pada orang nomaden dan penghuni hutan yang tidur tanpa alas kepala. Lebih jelasnya, berikut manfaat tidur tanpa bantal, seperti dikutip Newhealthadvisor, Selasa (30/8/2016):

1. Baik untuk tulang belakang

Tidur tanpa bantal sambil telentang akan memungkinkan Anda untuk beristirahat secara alami. Sedangkan tidur di atas bantal tebal justru akan menyebabkan sakit tulang belakang dan nyeri punggung.

2. Mencegah keriput

Daripada tidur meringkuk, Anda lebih baik tidur telentang tanpa bantal. Hal ini akan mengurangi keriput di wajah.  

3. Meningkatkan kualitas tidur

Seringkali, orang yang tidur dengan bantal yang besar cenderung lebih sering terbangun dan mendapatkan kualitas tidur yang buruk. Dengan menyingkirkan bantal dan membiarkan sisa tubuh secara alami, kualitas tidur biasanya membaik.

4. Mencegah nyeri leher

Ketimbang menggunakan bantalan panas untuk mengatasi nyeri leher, coba tidur tanpa bantal.

 

Langkah-langkah tidur tanpa bantal

Jika Anda ingin mencoba tidur tanpa bantal, lakukan transisi dengan hati-hati. Sebab bila Anda tidak terbiasa, hal ini juga bisa menyebabkan masalah. Namun ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan bila ingin mencobanya, seperti:

- Gunakan handuk lipat sebagai bantal untuk minggu pertama. Mulailah dengan handuk pada ketinggian yang sama dengan bantal yang Anda gunakan saat ini. Kemudian secara bertahap kurangi ketinggian handuk.

- Pastikan untuk menjaga leher Anda sejajar. Jika Anda berbaring telentang, pastikan bahwa dagu Anda tidak menunjuk ke arah langit-langit. Bagi sebagian orang, mungkin akan membantu untuk menjaga handuk tangan kecil dilipat dua sebagai bantal untuk memastikan keselarasan. Jangan ragu untuk bereksperimen untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk Anda.

- Melakukan beberapa peregangan fisik. Ketika Anda menurunkan ketinggian handuk, pastikan untuk meregangkan leher dan bahu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini