Sukses

6 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Jahe, menjadi salah satu rempah yang populer. Umbi beruas seperti jari manusia ini lazim dikonsumsi selama berabad-abad, untuk pengobatan dan juga sebagai bumbu masakan. Dilansir dari Deutsche Welle, Selasa (30/8/2016), jahe mengandung vitamin A, C, E, B, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, natrium, kalsium, dan beta-karoten.

Tak hanya itu, jahe mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan penuaan dini. Antioksidan tersebut dapat menghilangkan racun dalam tubuh, memperlancar peredaran darah, memberikan nutrisi pada kulit, menangkal radikal bebas serta membuat kulit wanita menjadi lebih lembut, mulus dan halus.

Berikut enam manfaat jahe untuk kesehatan, yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Mengobati Perut Kembung

Jahe memiliki manfaat mengurangi gangguan pencernaan, termasuk perut kembung. Mengonsumsi jahe dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat perut kembung, karena jahe mempunyai kemampuan mengakumulasi gas yang menghambat di saluran usus dan lambung sehingga membuat perut kembung.

Tak hanya perut kembung, gangguan sakit perut dan diare juga bisa dituntaskan dengan minum wedang jahe. Jahe dapat direbus dengan air mendidih, dan diminum hangat.

2. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Buat yang sering mabuk saat melakukan perjalanan, jahe bisa menjadi obat penangkal paling mujarab dibanding obat warung. Jahe dapat dikonsumsi sebelum dan saat melakukan perjalanan untuk mengurangi rasa mual di perut.

Campurkan jahe bubuk ke dalam air bening hangat untuk meringankan pusing saat berkendaraan, muntah, keringat dingin dan mual.

Simak enam manfaat jahe lainnya dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer : Terkuak, Rahasia Resep Ayam Goreng Kolonel Sanders. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.