Sukses

Omega-3 Bantu Cegah Gangguan Penglihatan Akibat Diabetes

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Omega-3 dapat membantu mencegah masalah penglihatan akibat diabetes.

Liputan6.com, Jakarta- Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling dihindari oleh semua orang. Selain berpotensi menurunkan kemampuan daya ingat manusia, sebuah penelitian baru-baru ini juga mengungkapkan secara terpisah bahwa penyakit diabetes juga bisa menyebabkan masalah pada indera penglihatan kita.

Namun jangan cemas dulu. Ada satu strategi pencegahan yang bisa dilakukan agar anda terhindar dari kondisi penglihatan buruk akibat diabetes. Strateginya adalah untuk anda rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Omega-3.

Melansir Time, Rabu (31/8/2016), sebanyak 3.500 orang di Spanyol dengan riwayat penyakit diabetes tipe 2 berpartisipasi dalam sebuah riset yang telah berlangsung selama enam tahun. Menurut laporan riset yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Ophthalmology, para peneliti secara seksama mengamati kemungkinan adanya perubahan atau efek dari upaya diet tipe Mediterania para peserta selama enam terakhir ini.

Hasilnya para peneliti menemukan, individu yang dilaporkan mengonsumsi asam lemak Omega-3--setidaknya 500 mg sehari--secara signifikan memiliki risiko lebih rendah terserang kondisi retinopati diabetik. Ini merupakan komplikasi yang kerap menjadi pemicu timbulnya masalah pada penglihatan manusia.

Para peneliti melihat bahwa hal ini disebabkan karena omega-3 mengandung efek anti radang dari lemak tak jenuh, sehingga dapat mencegah komplikasi diabetes. Selain itu penelitian lain juga turut mengungkap efek anti radang dalam omega-3 juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini