Sukses

Ini Untungnya Cek Miss V Tiap Bulan

Melakukan pemeriksaan rutin vagina perlu untuk lebih mengenali kondisi bagian tersembunyi itu.

Liputan6.com, New York- Membicarakan organ intim wanita yakni vagina atau Miss V mungkin sudah biasa ketika berkumpul dengan kaum hawa lainnya. Namun kepedulian terhadap vagina, tak hanya itu. Melakukan pemeriksaan rutin pada vagina juga perlu untuk lebih mengenali bagian tersembunyi itu.

"Ini merupakan cara untuk melatih diri mengenal tubuh dan paham apa yang sedang terjadi pada vagina," kata dokter kebidanan dan kandungan Alyssa Dweck.

"Aktivitas ini pun jadi upaya pencegahan masalah besar di masa depan," kata Alyssa lagi seperti dikutip laman Women's Health, Senin (29/8/2016).

Sama seperti rutin melakukan periksa payudara sendiri, dengan secara berkala memeriksa vagina membuat wanita jadi tahu ukuran, bentuk, simetri maupun tidak simetri bagian itu.

"Sehingga ketika terjadi perubahan maupun muncul gejala-gejala berbahaya bisa tahu," katanya lagi.

Caranya cukup ambil cermin dan berdirilah di kamar, kamar mandi maupun ruangan tertutup lainnya. Bila di kamar mandi, angkat satu kaki letakkan pada toilet. Dengan sudut ini, wanita bisa melihat labia mayora, labia minora, klitoris, perineum (batas antara vagina dan anus), uretra, anus.

Alyssa menyarankan untuk memeriksa vagina setiap beberapa minggu sekali. Misalnya empat minggu. Pemilik vagina jadi tahu kapan kondisi normal dan tidak jika rutin melakukan hal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.