Sukses

Makan Siang dengan Sandwich Bisa Bikin Gemuk, Kenapa?

Orang yang makan siang dengan sandwich, asupan kalori yang dikonsumsi jauh lebih banyak.

Liputan6.com, New York - Aneka makanan Barat kini dapat ditemukan dengan mudah di negara kita, salah satunya sandwich. Makanan terbuat dari bermacam roti yang diisi dengan berbagai irisan daging dan sayur ini kerap dikonsumsi saat makan siang. Namun rupanya orang yang makan siang dengan sandwich, asupan kalori yang dikonsumsi jauh lebih banyak dibandingkan jika dia tidak konsumsi makanan ini.

Peneliti dari University of Illinois, Amerika Serikat melakukan studi antara orang yang mengonsumsi sandwich dengan hari lainnya yang mengonsumsi makanan lain. Rupanya orang-orang yang memilih sandwich sebagai menu makan siang, sekitar 99 kalori lebih banyak dibandingkan hari lain.

"Meski hanya 99 kalori lebih banyak, namun jika sering dilakukan selama berbulan-bulan meningkatkan berat badan," kata salah satu peneliti Ruopeng An seperti dikutip laman Men's Health, Senin (29/8/2016).

Rupanya dalam sandwich terdapat aneka makanan yang berkontribusi terhadap kenaikan jumlah kalori. Misalnya menambah keju dan dua sendok makan mayo. Padahal kedua hal tersebut berkontribusi terhadap peningkatan hingga 300 kalori seperti diungkap ahli nutrisi majalah Men's Health, Alan Aragon.

Lalu pada saat makan sandwich, cenderung akan mengonsumsi makanan lain seperti keripik kentang. Sehingga inilah yang membuat jumlah kalori yang masuk ke tubuh jadi lebih banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.