Sukses

Omega-3 Kurangi Risiko Komplikasi Diabetes

Untuk orang dewasa yang terdeteksi diabetes tipe 2 sebaiknya mengikuti diet Mediterania.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk orang dewasa yang terdeteksi diabetes tipe 2 sebaiknya mengikuti diet Mediterania, termasuk mengonsumsi dua porsi ikan berlemak setiap minggu. Itu dapat menurunkan risiko diabetes retinopathy, menurut sebuah studi observasional dari Spanyol.

Para peneliti menganalisis terhadap 3.600 orang dewasa berusia 55-58 tahun yang memiliki diabetes tipe 2 sejak 2003-2009 di Spanyol. Berdasarkan kuesioner frekuensi makanan, mereka menentukan tiga perempat dari peserta diberikan asupan asam lemak omega-3 dari 500 mg per hari berupa dua porsi ikan seperti salmon per minggu.

Beberapa tim peneliti menjelaskan asupan makanan asam lemak omega-3, bukan hanya untuk orang-orang yang terserang diabetes tapi untuk semua orang.

"Insiden diabetes mellitus tipe 2 meningkat, karena itu individu akan menderita komplikasi. Jika tidak dikelola dengan baik menyebabkan kerusakan mata secara permanen," kata Aleix Sala-Vila, seorang peneliti dengan CIBERObn (Spanyol Biomedical Research Center di Physiopathology of Obesity and Nutrition) di Madrid, dan IDIBAPS di rumah sakit di Barcelona.

Memasukkan ikan ke dalam diet, menjadi cara hidup lebih lama dan baik. Juga bermanfaat untuk jantung serta otak. Salmon, udang, dan tuna kaleng menjadi pilihan yang baik karena rendah merkuri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini