Sukses

Ingin Otak Sehat? Hindari Makanan Ini

Apakah Anda ingin memiliki memori kognitif yang baik?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda ingin memiliki memori kognitif yang baik? Jika ya, konsumsilah makanan alami tertentu hingga otak Anda sehat. Tapi bagaimana?

Anda harus memulainya dengan diet sehat. Seperti diketahui, otak adalah salah satu organ yang paling penting di tubuh kita. Jika tidak berfungsi dengan baik maka sisa fungsi reguler tubuh akan berdampak serius.

Ada beberapa makanan yang harus kita konsumsi secara teratur agar otak menjadi sehat. Tapi ada juga makanan tertentu bikin buruk otak, dan itu harus kita hindari, seperti dilansir laman Boldsky, Minggu (28/8/2016).

1. Pemanis buatan

Sebuah studi penelitian menyatakan bahwa menggunakan pemanis buatan untuk menambah rasa pada hidangan dapat menyebabkan degenerasi sel-sel otak dan dapat menyebabkan penyakit seperti Alzheimer.

2. Ikan

Jenis ikan tertentu dapat mengandung kadar merkuri yang tinggi sehingga memengaruhi sel-sel otak bila dikonsumsi.

3. Produk roti

Makanan untuk otak yang sehat pasti tidak melibatkan produk roti seperti kue-kue, roti dan lainnya karena mungkin mengandung margarin yang dapat mengecilkan sel-sel otak dan juga menyebabkan peradangan di otak.

4. Pasta

Diet untuk memori yang baik termasuk menghindari makanan seperti pasta dalam jumlah besar karena mengandung karbohidrat, dan lemak di dalamnya. Itu dapat memburuk memori Anda dengan mengurangi fungsi otak tertentu.

5. Minuman ringan

Minuman ringan tinggi akan kadar gula. Itu dapat memengaruhi kesehatan otak karena memiliki efek merusak pada hipotalamus.

6. Makanan olahan

Makanan junk food seperti kentang goreng, pizza, dan lainnya bukan makanan yang sehat untuk otak karena dapat menyebabkan peradangan sel otak dan juga hipertensi.

7. Alkohol

Alkohol memengaruhi otak secara langsung, dan dapat membahayakan berbagai fungsi otak seperti memori. Minuman keras juga dapat menghancurkan sel-sel otak dan juga menyebabkan depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini