Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Kenapa Pria Selalu Ereksi di Pagi Hari?

Waktu menunjukkan pukul empat pagi. Anda bangun dengan ereksi tanpa foreplay atau hubungan seks sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Waktu menunjukkan pukul empat pagi. Anda bangun dengan ereksi tanpa foreplay atau hubungan seks sebelumnya. Fenomena ini begitu umum terjadi pada pria. Namun tahukah Anda apa penyebabnya?

Di Barat, hal ini dikenal dengan istilah "morning wood" atau dalam istilah medis dikenal dengan Nocturnal Penile Tumescence (NPT). Meskipun ereksi ini kerap muncul menjelang pagi, namun biasanya hal ini bisa terjadi tiga sampai lima kali sepanjang malam.

"Ini khas remaja dan pemuda, karena tingkat puncak hormon yang berkorelasi dengan kebutuhan biologis mereka," kata seksolog dan penulis Sex for Grown-Ups, Gloria Brame, Ph.D., pada Menshealth, Sabtu (27/8/2016).

Tapi yang menarik, ada banyak orang percaya, ereksi di pagi hari terkait dengan mimpi seks dan sebagainya, walaupun para ahli tidak yakin.

"Morning Wood tidak ada hubungannya dengan mimpi pada malam hari. Ereksi spontan juga telah diamati pada janin laki-laki di dalam rahim," kata seksolog klinis dan pelatih hubungan, Uta Demontis, Ph.D.

Demontis mengatakan, kemungkinan ereksi terjadi karena lancarnya peredaran darah ke penis. Sedangkan ahli lainnya percaya, ini bagian dari proses tidur atau Rapid Eye Movement (REM) sehingga penis akhirnya bebas untuk memiliki kehidupan sendiri dan memilih untuk menjadi keras.

Bagaimanapun, kata Brame, otak laki-laki mampu memancarkan bahan kimia anti-ereksi ketika mereka bangun. Namun selama tidur, faktor penghambat ini hilang sehingga ereksi bisa datang dan pergi dengan bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini