Sukses

Idealnya, Berapa Rentang Usia Pasangan agar Hubungan Awet?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang beranggapan, perbedaan usia pasangan itu idealnya sekitar tiga hingga lima tahun di mana pria lebih tua dari wanita. Rentang usia seperti ini konon membuat hubungan lebih awet. Namun benarkah hal tersebut?

Peneliti asal Emory University, Atlanta, Amerika Serikat pun penasaran mengenai beda usia serta pengaruhnya terhadap kelanggengan suatu hubungan. Mereka kemudian melakukan survei terhadap 3.000 orang sudah menikah dengan beragam usia.

Rupanya, pasangan yang memiliki beda usia sekitar lima tahun hanya sekitar 18 persen terjadi perceraian. Selebihnya, pasangan berjarak lima tahun langgeng.

Seperti dikutip laman The Sun, Sabtu (27/8/2016) semakin besar jarak usia antara pria dan wanita risiko perceraian pun meningkat. Pasangan yang beda usia 10 tahun, berpotensi berpisah sekitar 39 persen. Ketika beda usia hingga 20 tahun, sekitar 95 persen bercerai.

Lalu, bagaimana dengan pasangan dengan jarak usia hanya setahun? Peneliti Andrew Frances dan Hugo Mialon mengatakan potensi berpisah hanya tiga persen.

Tapi perlu diingat, penyebab perceraian ada banyak hal. "Rata-rata, ada banyak penyebab perceraian lain bukan semata-mata karena beda usia saja," kata Mialon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.