Sukses

Latihan Aerobik Bantu Diabetesi Kontrol Gula Darah

Aktivitas fisik adalah cara efektif dalam mengelola diabetes tipe 2.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas fisik adalah cara efektif dalam mengelola diabetes tipe 2. Bahkan, bila latihan dilakukan dengan benar bersamaan dengan diet yang baik, itu sama efektifnya dengan obat penurun gula darah.

Tapi apa jenis latihan terbaik untuk diabetesi? melansir laman Bodybuilding, Sabtu (27/8/2016), latihan aerobik ternyata bentuk olahraga yang paling efektif untuk penderita diabetes tipe 2 yang memiliki risiko tinggi komplikasi kardiovaskular. 

Latihan aerobik dinilai mampu menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu, latihan intensitas sedang ini juga 
mampu membantu glukosa bergerak dari darah ke dalam otot.

Laman kesehatan Forever fit and fab juga melaporkan, sejumlah latihan otot seperti squats, lunges, chest press, pull downs, rows, shoulder press, deadlifts, dan kombinasi gerakan bisa dilakukan. Setidaknya lakukan latihan sebanyak 10-15 repetisi selama dua sampai tiga kali seminggu.

Untuk menghindari kadar gula darah memburuk setelah latihan, periksa gula darah sebelum dan setelah berolahraga serta sebelum dan sesudah makan. Selebihnya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Spesialis Olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Diabetesi