Sukses

Tak Disangka, Ini Delapan Manfaat Semangka

Tak hanya menyegarkan, semangka memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Semangka, buah yang banyak mengandung air ini bisa menjadi santapan segar melawan panas di siang hari. Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), satu butir semangka mengandung 91,5 persen air. Karena itulah, semangka bisa membantu tubuh tidak kekurangan cairan sepanjang hari.

Makan atau minum jus semangka setiap hari adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh selama musim panas. Sebanyak 8 persen kandungan dalam semangka memiliki konsentrasi tertinggi lycopene yang ditemukan dalam buah segar atau sayuran. Tak hanya menyegarkan, semangka memiliki beragam manfaat.

Dilansir dari Deutsche Welle, Sabtu (27/8/2016), berikut delapan manfaat mengkonsumsi semangka untuk kesehatan :

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Segelas Jus semangka, mengandung 1,5 kali lycopene yang lebih banyak dari satu tomat besar. Lycopene adalah antioksidan kuat yang bermanfaat untuk menangkis radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Tak hanya itu, lycopene juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam semangka juga terbukti mampu menurunkan risiko kanker.

2. Mengurangi Nyeri Otot

Sejumlah penelitian menemukan jus semangka bisa membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Itu karena semangka mengandung citruline yang sangat tinggi, sehingga bisa meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi tekanan darah. Jadi, jika Anda mendadak nyeri otot, tak ada salahnya mengatasinya dengan minum jus semangka. Simak kelanjutan manfaat semangka dengan mengeklik tautan ini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer : 6 Hal yang Wanita Pikirkan Saat Melakukan Oral Seks. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.