Sukses

Seberapa Banyak Anak Boleh Konsumsi Gula?

Liputan6.com, New York- Hampir semua anak gemar mengonsumsi makanan manis. Aneka kue, cokelat, permen, gula kapas dan minuman manis pasti suka. Namun, sebaiknya batasi asupan makanan manis si Kecil ya. Anak usia dua hingga 18 tahun sebaiknya mengonsumsi gula tambahan tidak lebih dari enam sendok teh per hari.

Rekomendasi asupan gula kurang dari enam sendok teh per hari ini dikeluarkan oleh American Heart Association dalam jurnal Circulation. Hal ini demi menurunkan risiko anak mengalami kegemukan, obesitas, resistensi insulin, kelesterol abnormal, dan perlemakan hati seperti dikutip laman Good Housekeeping, Jumat (26/8/2016).

Namun perlu diingat studi ini lebih melibatkan pada konsumsi gula tambahan seperti gula pasir, fruktosa yang tersembunyi di balik minuman dan makanan olahan. Sehingga tak masalah bila mengonsumsi gula alami yang terdapat pada sayuran dan buah.

"Ini bukan berarti anak-anak tak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Lebih penting, perhatikan pada makanan dengan gula tambahan seperti jus kemasan dan soda, saus, smoothies dan aneka makanan olahan lainnya," kata Direktur Nutrisi Good Housekeeping Institute, Jaclyn London.

Makanan olahan cenderung mengandung tinggi gula tambahan. Cheeseeburger misalnya mengandung sekitar 1,75 sendok teh gula dan donat sekitar 3,4 sendok teh gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.