Sukses

Terapkan Strategi Sehat Pencegah Kenaikan Berat Badan saat Hamil

Kondisi tubuh yang sedang hamil kerap diasosiasikan dengan bertambahnya berat badan. Bagaimana cara memastikan agar tidak terlampau gemuk?

Liputan6.com, Jakarta- Setiap wanita hamil, berat badannya cenderung naik atau bertambah. Hal ini dinilai normal, namun jika berat badan bertambah secara berlebihan, sang wanita akan tersiksa melewati dampak buruknya. 

“Wanita yang berat badannya bertambah secara signifikan selama kehamilan lebih rentan terserang penyakit diabetes tipe gestasional, lalu memiliki risiko tinggi komplikasi saat persalinan, dan juga cenderung kesulitan menurunkan berat badan setelah melahirkan,” ujar profesor ilmu gizi di Cornell University, Kathleen Rasmussen, Sc.D.RD.

Untuk menghindarinya, berikut tips agar berat tidak berlebihan saat hamil, seperti yang dilansir dari ehow dan juga popsugar, Jumat (26/8/2016):

1. Asupan kalori harian

Jaga berat badan Anda dengan mengonsumsi jumlah kalori yang tetap selama kehamilan. Menurut MayoClinic, jika biasanya Anda hanya perlu 300 kalori ekstra per hari, namun jumlah kalori harus disesuaikan saat hamil. MedlinePlus, menyarankan agar Anda mengonsumsi 1.800 kalori sehari saat trimester pertama, 2.200 kalori di trimester kedua, dan 2.400 kalori per hari di trimester ketiga.

Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas, mungkin secara tidak sengaja menurunkan beratnya pada awal kehamilan, terutama jika terkena gejala mual di pagi hari atau yang kerap dikenal dengan sebutan morning sickness. Namun penting untuk tidak sengaja mengurangi kalori, karena secara otomatis akan mengurangi nutrisi yang penting untuk janin. Bicarakan dengan dokter kandungan mengenai jumlah yang tepat, berdasarkan berat dan tinggi Anda.

 2. Makanan sehat

Jangan sering mengonsumsi makanan cepat saji selama hamil. Ini dikarenakan makanan tersebut tidak mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan bayi. Bahayanya lagi, makanan cepat saji bisa dengan cepatnya menaikkan berat badan anda. Lebih baik, fokus mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sehat, seperti buah segar, sayuran, roti gandum, biskuit, sereal, serta empat porsi produk susu setiap hari. Konsumsi pula tiga porsi protein sehari dari unggas, ikan, kacang-kacangan, dan telur.

3. Berurusan dengan mengidam

Ngidam saat hamil, menjadi penghalang utama untuk menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan. Namun beberapa strategi ini dapat membantu Anda. Jika Anda tidak berurusan dengan morning sickness setiap hari, coba makan sarapan yang kaya protein dan karbohidrat kompleks setiap pagi. Hal ini akan menghindarkan Anda mengidam makanan lain setelahnya. Namun jika Anda tidak bisa menahan hasrat, lebih baik buat porsi kecil makanan, misalnya makan yogurt tanpa lemak, popcorn, atau buah-buahan.

4. Tidur yang cukup

Jika calon ibu tidak mendapat tidur yang cukup, hal ini akan berkontribusi dalam kenaikan berat, karena metabolisme tubuh melambat yang akan membuat Anda makan lebih banyak, dan merasa terlalu lelah untuk bergerak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.