Sukses

3 Jenis Asupan Penetral Kadar Asam Tubuh yang Tinggi

Ini jenis makanan yang mampu netralkan kadar asam tubuh yang tergolong tinggi.

Liputan6.com, Jakarta- Skala pH dalam tubuh yang tergolong seimbang dan benar adalah sekitar 7 sampai 7,4. Namun, jika skalanya dari nol ke 14, maka menurut dokter spesialis pengobatan menggunakan sarana alami atau naturopati, Natasha Turner, N.D, tingkat asam di dalam tubuh terlalu tinggi. Pasalnya kondisi ini membuat tubuh kekurangan oksigen.

Keasaman yang tidak lazim tersebut umumnya karena pola makan yang buruk, olahraga yang tidak cukup atau berlebihan, dan stres yang kronis. Hal ini dapat menyebabkan mulas, gangguan pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya.

Menurut Dr. Jordan Stren, yang membantu menulis buku mengenai tingkat asam yang tinggi, hal tersebut dipicu oleh pengonsumsian produk susu, daging, pemanis buatan, alkohol, dan banyak makanan yang diproses.

Karena asam yang tinggi tersebut, membuat lambung memproduksi asam ekstra untuk memecah makanan yang sulit untuk dicerna. Kadar asam yang tinggi tersebut, biasanya baru menjadi suatu masalah jika sudah menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, kadar asam yang tinggi juga dapat menyebabkan sakit maag, mulas, mual, gangguan pencernaan, dan rasa terbakar di mulut atau perut.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2016), jika kadar asam sedang tinggi, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini untuk menetralkannya.

1. Sayuran

Sayur-sayuran adalah salah satu yang terbaik untuk mengurangi keasaman di lambung. Kebanyakan sayuran memiliki tingkat alkali yang tinggi, seperti kedelai, kecambah, kacang lima, kembang kol, brokoli, bayam, lobak, bawang putih, wortel, seledri, mentimun, asparagus, dan selada.

2. Buah

Buah-buahan adalah cara terbaik kedua untuk melawan keasaman di perut Anda. Namun beberapa buah lebih efektif daripada yang lainnya, seperti lemon, pisang, apel, anggur, aprikot, nanas, kurma, jeruk, melon, ceri, pir, semangka, peach, dan kelapa.

3. Buah-buahan kering dan kacang

Mengonsumsi buah-buahan kering dan kacang-kacangan, juga dapat membantu menetralkan asam lambung, namun tidak semuanya mengandung alkali. Bahkan sebagian besar kacang, mengandung asam yang tinggi. Beberapa buah kering dan kacang yang dapat menetralkan, adalah kismis, almond, dan kacang brasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini