Sukses

Pria, Lakukan Ini Bila Batuk Tak Kunjung Reda dalam Seminggu

Kebanyakan batuk akan pulih dalam waktu seminggu atau maksmimal 14 hari.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan batuk akan pulih dalam waktu seminggu atau maksimal 14 hari. Tapi kadang-kadang mutasi gen virus dan infeksi kronis seperti bronkitis dapat berkembang.

Batuk terus-menerus bisa disebabkan oleh asma, asam refluks, sinusitis atau efek samping dari obat seperti ACE inhibitor, yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi Anda tidak berbahaya?

Dokter Webberley mengatakan, jika Anda seorang perokok, beritahu hal tersebut pada dokter. Sebab batuk berkepanjangan akibat merokok bisa memicu Chronic obstructive pulmonary disease (COPD), penyakit paru-paru serius yang akan melemahkan tubuh jika tidak diobati, seperti dikutip Mirror, Jumat (26/8/2016).

"Penyebab serius lainnya termasuk kanker paru-paru--yang paling umum pada pria, atau bekuan darah di paru-paru atau masalah jantung," ujarnya

Meski begitu, sebelum diagnosis pasti dokter akan melakukan X-ray. "Secara umum, X-ray hanya boleh dilakukan jika ada kecurigaan, batuk terus-menerus karena infeksi berat (seperti pneumonia atau TBC), atau karena pembengkakan kelenjar di dalam dada, atau jika ada khawatir yang seseorang mungkin memiliki kanker."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini