Sukses

Untuk Pertama Kalinya, Dokter Bisa Bangunkan Pasien Koma

Para dokter di University of California, Los Angeles berhasil membangunkan pasien koma menggunakan teknik ultrasound hanya dalam waktu 24 ja

Liputan6.com, California Untuk pertama kalinya dalam sejarah medis, para dokter di University of California, Los Angeles berhasil membangunkan pasien koma menggunakan teknik ultrasound hanya dalam waktu 24 jam. Respon pasien bahkan kian membaik hanya dalam tiga hari setelahnya.

"Kami menggunakan teknik pioneering ultrasound untuk merangsang jaringan otak. Alat ini dimasukkan di sisi kepala pasien berusia 25 tahun selama periode 10 menit," kata seorang profesor psikologi dan bedah saraf di UCLA, Dr Martin Monti, seperti dikutip Mirror, Jumat (26/8/2016).

Hal ini tentu disambut baik oleh para dokter. Kemajuan kondisi pria yang tidak disebutkan namanya tersebut membuat dokter mencatatnya dalam jurnal medis Brain Stimulation.

"Dia bisa menganggukkan kepalanya 'ya' atau menggeleng 'tidak'. Dia bahkan membuat isyarat tangan untuk mengucapkan selamat tinggal ke salah satu dokter," tulis Monti.

Monti mengatakan, USG membangun sel-sel saraf otak di thalamus--yang mengontrol gerakan dan kesadaran. Para ahli percaya, cara ini cukup efektif mengingat saat ini tidak ada pengobatan untuk pasien tersebut.

"Sampai saat ini, baru ini satu-satunya cara untuk menstimulasi otak dalam, ketika elektroda ditanamkan langsung di dalam thalamus. Kami menargetkan langsung thalamus agar prosedur bisa dijalankan tanpa bedah," ujar Monti.

Kendati demikian, prosedur ini masih butuh pengujian lebih lanjut agar bisa diterapkan pada pasien lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Koma merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi, di mana seseorang tidak sadar dan tidak memberi respons.

    Koma

  • pasien koma

Video Terkini