Sukses

Duduk Menyilang Membahayakan Kesehatan?

Ada banyak anggapan bahwa duduk sambil menyilangkan kaki bisa menyebabkan varises.

Liputan6.com, Jakarta Duduk dalam waktu yang lama memberi dampak buruk bagi kesehatan di antaranya meningkatkan risiko puluhan kondisi kronis seperti kanker, diabetes dan penyakit kardiovaskular. Lalu apakah posisi duduk sambil menyilangkan kaki juga berbahaya bagi kesehatan kita?

Seorang ahli, Naresh C. Rao, yang juga dokter pengobatan osteopati dan tim dokter polo air AS Olympic untuk 2016 Summer Games, menghalau beberapa mitos populer dan menjelaskan pengaruh duduk menyilangkan kaki bagi kesehatan.

Ada banyak anggapan bahwa duduk sambil menyilangkan kaki bisa menyebabkan varises. Tapi dr Rao, yang juga seorang instruktur klinis di NYU Langone Medical Center di New York City, mengatakan ia belum menemukan penelitian yang bisa membuktikan korelasi ini.

"Varises cenderung turun temurun dan karena usia atau obesitas,"ungkap dr Rao, dilansir Foxnews, Kamis (25/8/2016).
Ada hubungan antara lama duduk dan peningkatan tekanan darah di antara orang-orang yang sudah menderita hipertensi, katanya. "Tapi duduk sambil menyilangkan kaki tidak mengarah pada peningkatan resiko hipertensi."

Namun, dr Rao menambahkan menyilangkan kaki bukan posisi ergonomis yang bagus untuk panggul. Menempatkan satu lutut diatas lutut satunya, akan membuat ketidakseimbangan pada panggul, yang menyebabkan lutut berada pada sudut bengkok, punggung bawah membungkuk, dan memberikan sedikit torsi.

Meski secara teratur mengganti posisi kaki secara bergantian, dr Rao tak percaya hal itu akan membuat banyak perbedaan. "Saya tidak percaya itu bisa membuat perbedaan, yang terjadi justru Anda akan berakhir dengan dua sakit punggung, bukan satu."katanya.

Kesehatan lutut berhubungan dengan kekuatan inti dan fungsi pinggul. Penyebab paling umum nyeri lutut, menurut Dr. Rao adalah menjaga lutut dalam posisi sejajar untuk jangka waktu yang panjang.

"Jadi saya tidak akan mengatakan Anda akan berakhir dengan nyeri lutut, tetapi jika Anda sudah memiliki nyeri lutut, posisi memutar dan membungkuk hanya akan membuatnya menjadi lebih buruk,”tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.