Sukses

Setelah Bercerai, Pria Cenderung Kurang Nutrisi

Usai bercerai rupanya terjadi penurunan konsumsi buah dan sayur pada pria. Sementara pada wanita, tidak ada pengaruhnya secara signifikan.

Liputan6.com, New York- Perceraian rupanya berpengaruh terhadap status gizi pria. Studi menunjukkan usai bercerai rupanya terjadi penurunan konsumsi buah dan sayur pada pria. Sementara pada wanita, perceraian tidak memengaruhi asupan nutrisi secara signifikan.

Menurunnya asupan buah dan sayur tentu menimbulkan aneka masalah kesehatan, seperti meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular, kanker, serta beberapa jenis kanker dan diabetes tipe 2.

Usai bercerai, asupan buah dan sayur jadi berkurang. (Foto: Live Science)

Seperti dikutip Fox News, Kamis (25/8/2016) hal ini diketahui setelah peneliti melakukan penelitian terhadap 11.577 partisipan berusia 40-80 tahun di Inggris. Peneliti kemudian melakukan analisis dari 1993-1997 dan 1998-2002.

Pada analisis kesehatan yang pertama terdapat 89 persen pria dan 78 persen pria menikah. Setelah 3,6 tahun kemudian, ada 2,4 persen pria dan 4,5 persen wanita bercerai seperti diungkap dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Social Science & Medicine.

Dibandingkan dengan pria yang masih dalam ikatan pernikahan, ada perbedaan asupan buah dan sayur sekitar 25 persen. Selain itu, asupan makanan para pria ini juga jadi kurang bervariasi. Sementara pada wanita tidak ada perbedaan secara signifikan.

Tapi, tak ada perbedaan antara konsumsi alkohol antara pria yang masih dalam hubungan pernikahan maupun bercerai.

Sayangnya dalam studi ini tak dijelaskan mengapa terjadi perubahan asupan buah dan sayur pada duda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.