Sukses

Chromotherapy, Metode Mujarab Atasi Gangguan Tidur

Liputan6.com, Jakarta Sulit tidur merupakan bencana besar bagi sebagian individu. Sebab gangguan tidur akan menurunkan kualitas hidup manusia yang berimbas pada kesehatan secara keseluruhan.

Menangani masalah ini, biasanya kita akan beralih mengonsumsi obat dengan risiko efek samping di kemudian hari. Namun tak perlu berkecil hati, jika Anda salah satu orang yang mengidap gangguan tidur kronis mungkin cara ini akan membantu Anda.

Chromotherapy misalnya, merupakan jenis terapi yang dipercaya dapat merilekskan tubuh dan pikiran individu dengan menggunakan warna sebagai alat penenang pikiran.

Dalam ilmu psikologi warna ditulis, warna dapat mempengaruhi suasana hati atau perasaan seseorang. Seperti dikutip dari laman Sleep Junkies, ditulis Rabu (24/8/2016) berikut warna yang dapat dipergunakan dalam Chromotherapy untuk bantu lelapkan tidur malam Anda.

1. Biru

Warna biru mampu menenangkan pikiran dan mood individu lebih cepat dibandingkan warna merah. Selain menawarkan nuansa tenang, warna ini juga dipercaya dapat mengurangi gangguan kesehatan lain tekanan darah rendah dan detak jantung.

Image result for blue room

Padu padankan warna biru dalam kamar Anda, seperti pada cat tembok, selimut tidur, atau bantal berbungkus sarung berwarna biru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hijau

Kamar bernuansa hijau dalam praktik Chromotherapy dapat meredakan stres dan membantu mata meredup dengan cepat.

Mengutip Quora, warna hijau memberikan sensasi kehangatan yang menularkan kebaikan untuk kesehatan mata. Kesehatan psikologis yang kuat akan tularkan oleh warna ini, terlebih warna hijau secara alami memberikan nuansa alam yang menyejukkan.

Image result for green bed room

3 dari 3 halaman

Warna-warna hangat

Nuansa kamar tidur berwarna hangat (salem) seperti merah, kuning, atau oranye pastel akan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencoba praktik Chromotherapy ini. 

Image result for warm color bedroom

Semua warna hangat akan mempermudah menenangkan diri dan pikiran untuk melepaskan diri dari gangguan tidur.

Image result for warm color bedroom

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini