Sukses

4 Bahan Alami yang Bisa Ditambahkan Saat Masak Nasi Putih

Untuk menikmati nasi putih, Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami yang membuatnya semakin berserat. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Ada kekhawatiran, konsumsi nasi putih minim nutrisi. Belum lagi nasi putih yang diproses memiliki indeks glikemik tinggi yang mampu menaikkan gula darah.

Selain mengganti nasi putih dengan nasi merah atau cokelat, pasti sebagian dari Anda bertanya-tanya, apakah nasi putih juga bisa menyehatkan?

Terlepas dari rasa, beras putih kaya akan mineral dan vitamin. Untuk menikmati nasi putih, Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami yang membuatnya semakin berserat. Apa saja bahan tersebut? simak ulasannya, seperti dikutip Enkivillage, Rabu (24/8/2016):

1. Gunakan kaldu

Daripada menggunakan air biasa untuk memasak nasi, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan kaldu ayam atau sapi saat memasak nasi putih. Ini adalah salah satu cara yang disukai sebagian orang untuk menambahkan aroma nasi putih karena tidak meningkatkan lemak atau kalori. Jika Anda lebih suka memiliki rasa sayuran di nasi putih, Anda juga bisa memasukkan sisa air rebusan sayur.

2. Sayuran dan Buah

Masih bertanya-tanya tentang apa yang harus dimasukkan ke dalam nasi putih untuk memberikan rasa menarik? Anda dapat menggunakan buah-buahan dan sayuran untuk meningkatkan rasa dari jenis beras serta membuatnya lebih bergizi seimbang. 

3. Rempah

Ada beberapa pilihan ketika Anda ingin menambahkan aroma dan rasa pada nasi putih. Jika Anda suka makanan ala Spanyol, Anda bisa mencoba menambahkan kunyit dan oregano. Bila Anda ingin nasi ala Vietnam, coba tambahkan jahe dan daun ketumbar. Anda juga bisa menambahkan cengkeh, kayu manis, pala dan kapulaga.

4. Kacang-kacangan

Ada berbagai bahan sederhana yang bisa dicampur pada nasi putih untuk membuatnya lebih bergizi dan memberikan rasa yang berbeda. Seperti misalnya, kacang polong, biji wijen yang telah panggang, paprika, kacang mete dan kacang panggang, ketumbar, daging yang telah dihaluskan, telur dan kecap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini