Sukses

Ingin Bahagia? Terapkan 7 Langkah Positif Ini dalam Seminggu

Liputan6.com, Jakarta- Kapan terakhir kali Anda merasa bahagia sepenuhnya? Terkadang, kesibukan sehari-hari membuat kita penat dan lupa akan kebahagiaan. Banyak orang berpikir bahwa kebahagiaan datang dari hal-hal seperti kejutan, liburan, uang yang berlimpah dan hal serupa lainnya.

Sebetulnya, kebahagiaan datang dari hal-hal kecil yang dibentuk atau dilakukan oleh diri kita sendiri. Untuk dapat menemukan kebahagiaan, terapkan 7 langkah keseharian versi BBC di bawah ini, dilansir Rabu (24/8/2016):

Senin

Tulis apapun yang terjadi hari ini di dalam buku harian anda. Dengan mengeluarkan segala hal yang membuat Anda senang, marah, sedih, kecewa dalam buku harian, Anda akan membantu diri mengekspresikan sehingga tidak penat di hati dan kepala.

Terlebih lagi, menulisnya dalam buku harian akan membuat Anda lebih puas lantaran bisa selalu mengingat hari itu dan menjadikan hal-hal yang terjadi pada hari itu sebagai pelajaran yang tidak akan pernah luput dari ingatan.

Selasa

Tunjukan sikap tenggang rasa pada siapa pun yang Anda temui hari Selasa. Menunjukkan rasa kepedulian terhadap seseorang akan membuahkan rasa puas lantaran sudah membantu membuat hari seseorang lebih baik. Anda juga akan menemukan rasa kepuasan dalam jiwa anda sendiri karena sudah mencerminkan pribadi yang positif.

Rabu

Sisihkan waktu untuk mensyukuri apapun yang Anda dapat hari itu. Kerap kali seseorang mengeluh lantaran udara terlalu panas, macet yang membuat anda telat untuk bisa hadir di suatu acara penting tepat waktu, atau pimpinan perusahaan yang bersikap kurang adil pada Anda.

Disini Anda harus bercermin dan berkata pada diri anda sendiri bahwa Anda bersyukur karena terlepas dari apapun masalah yang dihadapi, Anda diberikan kesempatan untuk bernapas, bergerak, dan terhindar dari penyakit. Hal-hal kecil harus Anda perhatikan lebih baik agar membuat anda sadar bahwa banyak orang lain yang ingin berada di posisi Anda sekarang namun tidak bisa atau belum mampu.

Kamis

Cari satu foto yang memiliki kenangan paling banyak untuk anda. Perhatikan foto itu baik-baik, pikirkan bahwa Anda pernah sebahagia itu dan tulislah kembali kenangan tersebut di atas secarik kertas. Jelaskan perlahan-lahan secara detil apa yang Anda sedang lakukan di dalam foto itu, siapa yang menemani Anda di hari bahagia tersebut dan apa yang akan anda lakukan agar bisa mengulang kembali masa positif tersebut.

Jumat

Sisihkan waktu untuk menghargai indahnya alam. Jika Anda tidak bisa keluar dari kantor, pandanglah langit dari kaca tempat di mana Anda bekerja. Anda juga bisa menelusuri gambar-gambar indah negeri ini lewat internet. Anda akan terpukau akan indahnya Tanah Air dan secara langsung dan tidak langsung, tingkat frustrasi  Anda akan berkurang secara signifikan.

Terkadang, dikala sedang stres yang seseorang butuhkan adalah pemandangan indah kaya akan warna hijau dan warna lainnya yang nyaman di pandang mata.

Sabtu

Kegiatan apa yang biasa Anda lakukan di hari Sabtu? apakah menonton televisi bersama keluarga? makan cokelat sambil membaca majalah? berjalan-jalan dengan teman ke mal atau tempat rekreasi? lakukanlah itu semua namun sepenuh hati.

Sepenuh hati berarti Anda betul-betul menikmati setiap hirupan udara, setiap tegukan kopi, setiap gigitan coklat yang anda biasa nikmati di hari Sabtu. Terkadang, keseringan menikmati hal-hal tersebut membuat anda lupa untuk betul-betul menikmatinya.

Minggu

Sisihkan waktu untuk bercermin dan memaafkan diri Anda sendiri. Ini mungkin terkesan mudah bagi Anda, namun sebetulnya ini adalah yang paling sulit diantara aktivitas lainnya--memaafkan diri sendiri. Pandang diri Anda di depan kaca, berkatalah pada diri sendiri bahwa Anda memaafkan segala kesalahan yang pernah diperbuat.

Percaya atau tidak, memaafkan diri sendiri akan membuat anda jauh lebih lega karena sebetulnya banyak dari kepenatan yang Anda rasakan berasal dari kesulitan Anda dalam upaya memaafkan diri sendiri.