Sukses

Gaya Hidup Penderita Asma

Liputan6.com, Jakarta - Banyak penderita asma mengandalkan obat untuk mencegah, dan meringankan gejala. Namun, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan diri sendiri agar serangan asma berkurang.

Ambil langkah-langkah berikut untuk menghindari kambuhnya penyakit asma, dilansir laman Mayoclinic, Rabu (24/8/2016).

1. Gunakan AC

Menggunakan air conditioner (AC) di rumah dapat mengurangi debu yang berasal dari udara, pohon, rumput, dan gulma yang masuk ke dalam ruangan. AC juga menurunkan kelembaban dalam ruangan sehingga dapat mengurangi debu.

Jika Anda tidak memiliki AC atau pendingin udara cobalah untuk menjaga jendela tetap tertutup.

2. Dekontaminasi dekorasi

Minimalkan debu yang dapat memperburuk gejala pada malam hari dengan mengganti barang-barang tertentu di dalam kamar tidur. Misalnya, sarung bantul, kasur, semuanya dilapisi kain tahan debu.

3. Jaga kelembaban secara optimal

Jika tinggal di iklim lembab, bicarakan dengan dokter Anda tentang menggunakan dehumidifier.

4. Cegah spora jamur

Bersihkan daerah yang lembab seperti kamar mandi, dapur, dan di sekitar rumah sehingga spora jamur tidak berkembang. Singkirkan daun berjamur, atau kayu bakar basah di halaman.

5. Kurangi bulu hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan yang berbulu bagi penderita asma bukan masalah asalkan dimandikan secara teratur. Namun sebisa mungkin kurangi jumlah hewan berbulu di rumah.

6. Bersihkan rumah secara teratur

Minimal seminggu sekali bersihkan rumah Anda. Jika cenderung membangkitkan debu, pakailah masker. Atau Anda bisa menyuruh orang lain untuk membersihkan semua ruangan.

7. Olahraga teratur

Memiliki asma tidak berarti Anda tidak bisa aktif. Olahraga teratur dapat memperkuat jantung, dan paru-paru yang dapat meredakan gejala asma.

Jika Anda berolahraga di suhu dingin, gunakan masker wajah untuk menghangatkan udara yang Anda tiup.

8. Jaga berat badan

Kelebihan berat badan dapat memperburuk gejala asma, dan menempatkan risiko yang lebih tinggi dari masalah kesehatan lainnya. Kontrol mulas, dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Ada kemungkinan bahwa reflux asam yang menyebabkan mulas, hingga merusak saluran pernapasan, dan memperburuk gejala asma. Jika hal itu sering terjadi, konsultasikan dengan dokter, mungkin Anda perlu pengobatan untuk GERD sebelum gejala asma meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.