Sukses

Susi Istri Tukul Arwana Dikabarkan Punya Riwayat Asma

Liputan6.com, Jakarta Istri komedian Tukul Arwana, Hj Susiana atau terkenal dengan sebutan Susi Similikiti, dikabarkan memiliki riwayat penyakit asma. "Katanya ada riwayat asma, tadi saya dengar begitu," kata pelawak Nunung seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Selasa.

Nunung juga mengonfirmasi berita tentang meninggalnya Susi dan mengatakan sedang dalam perjalanan ke rumah duka. "Ini saya lagi di jalan mau ke rumah duka," ujarnya.

Sebelumnya, beredar informasi tentang meninggalnya istri Tukul tersebut di RS. Brawijaya Jakarta pada Selasa (23/9) pukul 18.00 WIB. Almarhumah dikabarkan malam ini disemayamkan di Jalan H. Jian No.22 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain, seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia. Seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan dengan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini.

Ketika paru-paru teriritasi pemicu di atas, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit.

Selain itu, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan bernapas makin sulit dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini