Sukses

Jangan Panik Dulu, Ini Penyebab Umum Rambut Rontok

Ini penyebab umum terjadinya rambut rontok.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar pria dan wanita menganggap kerontokan rambut adalah hal yang menjengkelkan. Selain memperburuk penampilan, rambut rontok juga menyebabkan saluran air di kamar mandi rumah jadi tersumbat.

Namun tak perlu panik dulu jika Anda mengalami kerontokan rambut, bukan karena faktor usia saja yang menyebabkan rambut seketika rontok. Seperti dikutip laman Hello Giggles, Selasa (23/8/2016) berikut penyebab umum dari rontoknya rambut.

1. Hormon

Fluktuasi hormon menjadi penyebab utama dari kerontokan rambut. Pakar transplantasi rambut, Dr Wesley, mengatakan, "seperti masalah tiroid, fluktuasi hormon dapat mempengaruhi rambut rontok."

2. Diet

Diet ekstrem juga dapat menyebabkan rambut menipis. Wesley menyarankan untuk menjaga kadar kolesterol baik dengan cara konsumsi telur serta perbanyak zat besi dari suplemen dan juga makan banyak protein.

3. Obat jerawat

Salah satu efek samping dari beberapa obat jerawat adalah rambut menipis, "Kandungan accutane dapat menyebabkan rambut lebih cepat rontok."

4. Stres

Dr. Wesley menjelaskan bahwa stres bukan mitos. Tingkat stres yang tinggi, seperti kematian dalam keluarga atau sulit mendapat pekerjaan menjadi penyebab kerontokan rambut.

"Stres dapat mempercepat proses rambut menipis akibat hormon kortisol mendorong siklus rambut menurun," jelas Wesley.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini