Sukses

7 Makanan Ini Bantu Enyahkan Jerawat

Beberapa makanan sehat berikut bisa membantu Anda memerangi jerawat dari dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan kulit wajah tidak sekadar memerhatikan kebersihan serta penggunaan krim kecantikan saja, melainkan juga dengan memerhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Terutama jika Anda memiliki permasalahan kulit seperti jerawat. Ceroboh dalam menjaga makan bisa menyebabkan jerawat semakin parah.

Bagi Anda yang tengah berjuang mengatasi jerawat, sebaiknya hindari makanan dari produk olahan susu. Sebaliknya, perbanyak asupan buah dan sayuran segar. Beberapa makanan sehat berikut bisa membantu Anda memerangi jerawat dari dalam tubuh, dikutip dari laman Stylecraze, Selasa (23/8/2016):

1. Avokad

Mengonsumsi avokad bisa membantu kita jadi lebih tenang dan nyaman, cemas pun berkurang.

Buah berdaging lembut ini kaya akan vitamin E dan C sehingga mampu mengurangi inflamasi pada kulit. Avokado juga secara alami melembapkan kulit.

2. Kacang

(foto: boldsky.com)

Sebagian besar kacang tinggi kandungan vitamin E, magnesium, potassium zinc, kalsium, dan besi (iron) yang seluruhnya baik untuk kesehatan kulit. Umumnya jerawat dikaitkan dengan kurangnya zinc dalam tubuh.

3. Anggur merah

Cantik dengan anggur. (via: istimewa)

Anggur mengandung banyak senyawa alami serta antioksidan yang membantu mengatasi kulit yang tengah berjerawat. Anggur juga mampu bantu atasi masalah efek samping alergi .

4. Beras cokelat

Beras Cokelat

Beras cokelat adalah sumber vitamin B, magnesium, protein, serta antioksidan terbaik. Makanan yang mengandung vitamin B mampu mengatasi jerawat karena vitamin B membantu mengatur hormon dan mencegah jerawat.

5. Brokoli

Brokoli. | via: espacio360.pe

Meski Anda tidak tengah berjuang mengatasi jerawat, brokoli tetap baik untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin A, B, C, E, dan K. Brokoli membantu memperbaiki kerusakan kulit dan membuatnya berkilau.

6. Ikan

Ketika Anda merasa lelah, cobalah untuk mengkonsumsi ikan salmon yang telah diolah menjadi masakan kesukaan Anda. Cukup makan sedikitnya 50 gram ikan salmon, hal ini sudah bisa membuat Anda lebih bersemangat serta terjaga. (Istimewa)

Ikan mengandung asam lemak seperti omega-3 dan omega-6 yang sulit didapatkan di tempat lain. Asam lemak omega-3 dan omega-6 diperlukan tubuh untuk mengurangi inflamasi yang memicu sel menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

7. Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa allyl sulfida metil (AMS) yang sulit dipecah selama proses pencernaan.

Bawang putih tak hanya baik bagi kesehatan jantung, melainkan juga menyehatkan kulit. Kandungan allicin dalam bawang putih mampu membunuh bakteri dan meredakan inflamasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini