Sukses

10 Kebiasaan Orang yang Miliki Wajah Mulus Bercahaya

Liputan6.com, New York- Memiliki wajah mulus bercahaya tak hanya didapatkan dari penggunaan produk-produk perawatan kulit. Ada banyak hal lain yang lebih penting guna mendapatkan wajah mulus, mulai dari tidur rutin berkualitas hingga berolahraga.

Berikut 10 kebiasaan sehat agar kulit tetap bercahaya, seperti dikutip laman Real Simple, Selasa (23/8/2016).

1. Tidur sekitar 7 jam setiap hari

Meski Anda memiliki seabrek produk perawatan wajah mahal bahkan tim make up artis sekalipun, bila Anda kurang tidur maka wajah tidak akan cantik maksimal. Kurang tidur bisa membuat hiperpigmentasi periorbital alias lingkaran hitam di bawah mata.

Selain itu, studi dari Swedia di 2010 menunjukkan orang yang tidur cukup sekitar tujuh sampai delapan jam setiap hari jauh lebih menarik dibanding yang kurang tidur.

Lalu, bila orang kurang tidur, tubuh akan melepaskan hormon stres yang memecah kolagen. Hal ini membuat kulit jadi kering dan kusam alhasil, elastisitas kulit berkurang.

2. Melindungi wajah dari paparan sinar matahari

Orang yang memiliki wajah mulus rutin melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari menggunakan tabir surya. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit jadi mudah keriput.

3. Memiliki waktu bersantai

Stres membuat tubuh memicu kehadiran hormon kortisol dalam tubuh. Hal ini memicu pemecahan kolagen dan memperburuk elastisitas kulit. Alhasil, wajah keriput cepat datang, seperti diungkap ahli dari Yale Department of Dermatology, Amerika Serikat, Mona Gohara, .

Jika menyempatkan diri untuk bersantai, ketegangan yang ditimbulkan pun bisa sedikit dikendurkan.

4. Rutin gunakan pelembap wajah

Menjaga kelembapan kulit terus terjaga penting bagi kulit sehat. Kehadiran produk pelembab mampu memperlambat wajah kehilangan air. 

5. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga seminggu tiga hingga empat kali mampu membuat wajah nampak lebih segar. Penelitian dalam pertemuan American Medical Society for Sports Medicine tahun lalu mengungkap, aktivitas olahraga membuat kulit nampak lebih muda dan cerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

kebiasaan si wajah mulus

6. Mencuci wajah sebelum tidur

Partikel mikro dari polusi udara juga bisa merusak kulit. Oleh karena itu sebelum tidur basuhlah kulit wajah seperti disarankan Mona Gohara.

7. Mengurangi konsumsi gula

Konsumsi gula berlebih meningkatkan kortisol sehingga terjadi proses “glycosylation". Hal ini membuat kulit jadi lemah seperti dituturkan Gohara.

8. Lembut menyeka kulit

Salah satu alasan terkuat alami masalah pada kulit yakni terlalu keras menggosoknya. Lebih baik membersihkan wajah dengan lembut.

9. Menghindari memencet jerawat

Memencet jerawat hanya akan menyebabkan peradangan di wajah. Orang-orang yang memiliki kulit mulus biasanya membiarkan jerawat maupun menggunakan produk-produk tertentu daripada memencetnya.

10. Tidak merokok

Merokok akan membuat garis-garis halus di sekitar mulut serta bagian kulit lainnya. Hal ini karena nikotin menghancurkan substruktur kulit. Alhasil wajah perokok jadi kendur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini