Sukses

Ini Alasan Wanita Lebih Sulit Turunkan Berat Badan Dibanding Pria

Ada banyak rumor mengenai perbedaan antara wanita dan pria, salah satunya dalam menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta- Ada banyak rumor mengenai perbedaan antara wanita dan pria, salah satunya dalam menurunkan berat badan dan hal ini banyak membuat wanita kecewa.

Memang rata-rata pria cenderung lebih cepat menurunkan berat badan dibanding wanita. Lalu apa alasannya?

Dilansir dari ehow, Selasa (23/8/2016), berikut ini adalah penyebab-penyebabnya:

1. Komposisi tubuh

Perempuan secara alami memiliki lebih banyak lemak tubuh dibanding pria, terutama di bagian pinggul dan paha. Namun karena lemak berperan penting dalam kesuburan, membuat wanita lebih sulit menyingkirkannya. Apalagi setelah kehamilan dan selama menopause, wanita sangat mungkin mendapat lemak, meskipun kedua jenis kelamin cenderung menumpuk lemak lebih banyak seiring dengan bertambahnya usia.

2. Ukuran

Pria cenderung lebih besar dan lebih berotot dibandingkan wanita. Hal ini karena kalori menyediakan energi untuk berbagai fungsi tubuh, sehingga orang yang lebih besar membutuhkan lebih banyak kalori untuk mendukung berat badan mereka, bahkan tanpa olahraga.

Hal ini berarti, jika wanita dan pria mengonsumsi diet yang sama, pria dapat kehilangan berat badan, sementara berat badan wanita tetap sama atau bahkan bertambah. Selain itu, ketika pria dan wanita berolahraga, pria cenderung membakar kalori lebih banyak dengan melakukan rutinitas yang sama, karena tubuhnya mengasumsikan berat mereka bertambah.

Bahkan Harvard Health Publications melaporkan bahwa, orang yang memiliki berat 125 pon akan membakar 90 kalori dalam 30 menit olahraga angkat besi, sementara orang dengan berat 185 pon, akan membakar sekitar 133 kalori.

3. Hormon

Baik pria maupun wanita memiliki hormon testosteron dan estrogen. Jumlah hormon tersebut yang beredar dalam tubuh pada waktu tertentu bervariasi tergantung pada berbagai keadaan. Namun pria bagaimanapun, umumnya memiliki jumlah testosteron lebih besar yang memainkan peran penting dalam pengembangan otot dan pembakaran lemak. Sedangkan wanita sebaliknya, mereka cenderung memiliki estrogen lebih tinggi yang membantu tubuhnya menyimpan lemak dalam persiapan untuk kehamilan, melahirkan, dan menyusui.

4. Perbedaan individu

Namun, jenis kelamin bukanlah satu-satunya atau bahkan yang paling penting sebagai faktor penentu penurunan berat badan. Bahkan beberapa wanita ada yang lebih berotot dan lebih ramping dibanding pria. Hal ini karena, wanita yang berolahraga secara teratur, kemungkinan berat badannya akan turun lebih cepat dibanding pria yang menetap. Untuk menghilangkan banyak lemak, Anda harus membakar 3.500 kalori dan mengkombinasikannya dengan diet sehat serta olahraga teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.