Sukses

Ingin Gigi Anak Kuat? Beri Ia Makanan Ini

ada pula makanan yang membuat gigi anak sehat.

Liputan6.com, Jakarta Kita mungkin telah mendengar ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan perkembangan otak atau makanan untuk tulang yang kuat. Namun, ternyata ada pula makanan yang membuat gigi anak sehat.

Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut, ada baiknya anak diberikan makanan, seperti dilansir dari Verywell, Senin (19/8/2016) berikut ini:

1. Air berflouride

Flouride membantu mencegah gigi anak diserang zat asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

2. Produk olahan susu

Susu dan keju dapat membantu menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri plak dalam mulut Anda. Makanan ini juga rendah gula, tinggi protein, dan mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan gigi anak. 

3. Daging tanpa lemak, daging unggas, ikan, dan telur

Makanan-makanan ini mengandung fosfor dan kalsium yang memperkuat dan menjaga enamel gigi anak. Ikan berlemak seperti salmon, menyediakan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mencegah penyakit gusi.

4. Buah-buahan dan sayuran yang renyah

Kandungan air yang tinggi di dalamnya membantu menyeimbangkan gula alami yang dikandungnya. Selain itu makanan renyah lainnya juga merangsang aliran air liur yang membantu membersihkan gigi dari partikel makanan dan asam yang dapat merusak gigi. 

Buah seperti apel, wortel, seledri dan makanan asam lainnya yang beserat dapat membersihkan permukaan gigi serta mengusir bakteri. Selain itu, mengunyah makanan juga dapat mengusir plak yang baru terbentuk serta memberi vitamin C.

5. Kacang

Makanan ini dapat merangsang produksi air liur, protein yang memperkuat gigi, dan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mencegah penyakit gusi.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut catechin. Senyawa ini dapat melawan peradagan, mengendalikan infeksi bakteri, mengurangi gejala periodontal, serta membuat gusi sehat.

Tips lain untuk menjaga gigi anak kuat ialah, jangan menaruh botol susu di mulut bayi meski dia sedang tidur. ASI dan formula mengandung gula yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Mulai untuk membersihkan gusi bayi selama beberapa hari pertama ia lahir dengan menggunakan kain lap bersih, atau kain kasa yang lembab.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini