Sukses

Ingin Langsing? Lakukan 7 Perubahan Ini

Liputan6.com, New York- Bagi yang memiliki tubuh besar dan ingin menurunkan berat badan di atas 10 kg atau lebih bukan hal mudah. Ini bukan sekadar menjaga asupan makan saja, tapi ada hal-hal penting lain diperhatikan demi mencapai berat badan ideal.

Berikut tujuh hal yang perlu dilakukan untuk mencapai berat badan ideal dengan cara sehat demi tubuh langsing. Seperti dikutip laman Women's Health, Senin (22/8/2016).

1. Buat strategi penurunan berat badan

"Penurunan berat badan bukan seperti lari maraton. Ini merupakan hal yang berlangsung lama demi kebaikan sisa hidup Anda," kata fisiolog dari Amerika Serikat, Janet Hamilton.

Ketika mencoba menurunkan berat badan dalam jumlah besar, perlu menggunakan strategi yang tepat dan sehat. Dalam studi di Journal of the American Medical Association menyebutkan cara terbaik diet adalah bisa melaksanakan dalam jangka panjang.

Pada awal penurunan berat badan pasti ada rasa tidak menyenangkan di awal. Namun bukan berarti harus dihindari. Menurunkan berat badan juga bukan berarti mengurangi kehidupan sosial atau tidak makan enak sama sekali.

2. Lakukan perubahan besar yang sehat

"Saya melihat orang yang ingin menurunkan berat badan itu seperti membuat patung. Ketika membuat patung, harus dibuat dasar yang tepat dulu, dilanjutkan dengan hal-hal detil," kata ahli nutrisi dari SoHo Strength Lab, New York City, Albert Matheny.

Misalnya mulailah dengan perubahan asupan sayur. Perbanyak asupan sayur dalam setiap kali makan. Lalu mengurangi gula dalam setiap minuman Anda.

3. Jangan terobsesi dengan angka di timbangan

Saat orang menurunkan berat badan, orang seringkali melihatnya dari 'sudah berapa kilo gram berat badan yang turun'. Jika turun hanya sedikit, seringkali merasa kesal.

Daripada memusingkan angka timbangan, lebih baik beri perhatikan pada gaya hidup baru lebih sehat yang sedang dijalankan. Mulai dari jadwal tidur lebih baik, konsumsi makanan tinggi serat, dan rutin berolahraga seperti dikatakan trainer asal Baltimore, Erica Suter.

1 dari 3 halaman

Hal-hal kecil yang bikin kalori terbakar

4. Lakukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa bakar kalori

Menelpon sambil berdiri, memilih tempat parkir yang jauh, berulang kali mengambil air minum di pantri. Itu adalah contoh-contoh sederhana yang mampu membakar kalori meski tak mengeluarkan keringat.

5. Potong asupan kalori

Untuk menurunkan berat badan, asupan kalori harus lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. Pada hari-hari awal cobalah untuk memangkas asupan makanan minuman hingga 500 kalori per hari. Setelah sebulan atau dua bulan, kurangi jadi 100 kalori seperti diungkapkan Matheny.

"Namun yang pasti jangan sampai asupan kalori harian di bawah 1.200," kata Matheny.

2 dari 3 halaman

Cintai tubuhmu sendiri

6. Latihan beban

Semakin banyak latihan beban, semakin banyak lemak yang hilang. Sehingga latihan beban merupakan salah satu cara mengurangi lemak di tubuh seperti dikatakan Suter.

Ia menyarankan untuk latihan beban dari yang paling ringan ke berat antara tiga hingga lima hari per minggu. Tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

7. Cintai tubuhmu

Sebagian orang yang memiliki tubuh besar terkadang benci dengan tubuhnya. Namun tahukah Anda bahwa dengan mencintai tubuh bisa membantu menurunkan berat badan? Hal ini terbukti dalam sebuah studi belum lama ini. Hal paling penting adalah cintai dirimu dan yakinlah perlahan-lahan bisa menurunkan berat badan.

"Keyakinan pada diri sendiri adalah hal penting agar terus termotivasi menurunkan berat badan," tutur Suter.

Salah satu cara mencintai tubuh sendiri adalah sambil bercermin kemudian katakan, 'Saya mencintai tubuhku dan akan menuju berat badan sehat'.