Sukses

Rahasia Umur Panjang Biksu 120 Tahun

Swami Sivananda namanya. Pria asal India ini lahir pada tanggal 8 agustus 1896.

Liputan6.com, Jakarta Kepala nyaris gundul, jenggot putih menghiasi wajahnya, serta perawakan yang bugar membuat biksu asal India ini tak tampak seperti usia 120 tahun.

Swami Sivananda namanya. Pria asal India ini lahir pada tanggal 8 Agustus 1896. Seperti yang tertulis di dalam paspornya.

Melansir Hindustan Times, Senin (22/8/2016), Guinness World Records saat ini sedang memverikasi dirinya sebagai orang tertua di dunia. Rekor sebelumnya dipegang oleh pria asal Jepang bernama Jiremon Kimura, yang meninggal di usia 116 tahun pada Juni 2013.

Dalam sebuah wawancara, Swami menceritakan tentang kebiasaan hidupnya yang sederhana. Tanpa disadari inilah yang membuat dirinya berumur panjang.

"Saya terbiasa melakukan yoga dan hidup disiplin," jelasnya.

"Saya menjalani hidup sederhana. Aku hanya makan rebusan tanpa minyak ataupun rempah-rempah dan beras," sambungnya.

Hidupnya yang miskin sejak kecil membuat Swami memilih untuk menjadi seorang biksu. Pria dengan tinggi 1,58 meter itu pun hanya tidur beralas tikar dengan lempengan kayu sebagai bantal.

Hidup yang sederhana membuat kondisi medis Swami sangat baik. Tidak seperti lansia pada umumnya, ia masih sanggup bepergian dengan kereta meski hanya sendirian.

Sejak usianya 6 tahun Swami kehilangan orang tuanya. Ia dianjurkan oleh kerabatnya untuk menjadi guru spiritual. Dia sempat berkelana ke penjuru India sebelum akhirnya menetap di Varanasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini