Sukses

Mata Sering Sakit? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Semua orang pasti pernah merasakan mata yang lelah bahkan sakit, namun apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat mata Anda terasa lebih baik

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti pernah merasakan mata yang lelah bahkan sakit. Namun apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat mata terasa lebih baik, ketika langsung tidur bukanlah pilihan?

Pertama, coba periksa komputer Anda. Apakah monitornya sudah berada di jarak pandang yang tepat, sekitar dua kaki dari mata Anda? Ataukah Anda harus sedikit melihat ke atas ketika melihat layar komputer? Jika ya, yang benar adalah layar monitor harus sejajar dengan mata Anda. Jika meja kerja Anda rendah, coba gunakan buku atau penyangga tebal di bawahnya saat mengetik. Hal ini untuk mencegah leher Anda menjulur ke bawah saat mengetik.

Kedua, coba perhatikan, apakah ada sinar yang menyilaukan mata dari jendela Anda? Karena hal ini juga mungkin menjadi penyebab mata yang sakit. Lebih baik, atur kembali posisi Anda duduk, sehingga sinar yang datang dari jendela tersebut jatuh ke sisi tubuh Anda, bukan di depan atau di belakang. Serta jaga penerangan kantor sama seperti layar komputer Anda.

Ketiga, Anda juga bisa mengistirahatkan mata sebentar dari layar komputer setiap 20 menit. Jika Anda lupa, coba atur di timer Anda 20-20-20, yaitu setiap 20 menit melihat sesuatu yang berada sejauh 20 kaki dari tempat Anda dan lihat selama 20 detik.

Namun selain ketiga hal tersebut, ada beberapa bantuan lainnya yang dapat mengurangi mata yang sakit, seperti yang dilansir dari Ehow, Sabtu (20/8/2016):

1. Lepas lensa kontak Anda

Jika Anda merasa tak nyaman ketika sedang menggunakan lensa kontak, lebih baik lepaskan dan pakai kacamata untuk satu atau dua hari. Kemudian, perhatikan apakah mata terasa lebih baik keesokan harinya.

2. Teteskan obat mata

Obat ini dapat Anda beli di toko obat. Produk-produk ini dapat mengurangi kemerahan dan menghentikan rasa gatal di mata.

3. Periksa tas make up Anda

Setiap produk maskara atau eye shadow yang sudah lama di dalam tas makeup dapat menjadi penyebab iritasi atau bahkan infeksi pada mata Anda. Lebih baik pastikan untuk membuang makeup yang sudah lama tersebut, tidak peduli seberapa Anda menyukainya.

4. Pakai kantong teh hijau

Anda juga bisa mengompres mata dengan kantong teh hijau hangat untuk membantu mengurangi iritasi.

5. Kunjungi dokter mata jika sakit berlanjut terus

Jika hal ini mempengaruhi penglihatan dan sakit mata tidak menghilang, ini bisa juga merupakan gejala dari penglihatan yang bermasalah. Lebih baik temui dokter Anda untuk memastikan dan mengobatinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini