Sukses

Mengapa Wanita Perlu Menghindari Berbagi Makeup?

Saling mencoba atau berbagi makeup adalah hal yang lumrah dilakukan saat para wanita berkumpul.

Liputan6.com, Jakarta Saling mencoba atau berbagi makeup adalah hal yang lumrah dilakukan saat para wanita berkumpul. Meski hanya sesekali dilakukan namun hal ini berpotensi terhadap menempelnya bakteri yang menyebabkan infeksi.

"Segala sesuatu yang menempel ke muka, seperti sponge wajah itu enggak boleh sharing," kata dr. Ariana Suryadewi Soejanto M.Biomed, spesialis Anti-Aging and Aesthetic Consultant, kepada Health-Liputan6.com, Jumat (19/8/2016).

Khususnya pada produk makeup bedak dan blush-on perlu dihindari penggunaan secara bersama. Ariana juga mengingatkan agar para wanita tidak saling bertukar memakai alat makeup seperti kuas wajah (brush makeup) sebab rentan sekali dengan berpindahnya bakteri.

"Bakteri itu tidak terlihat dan kita enggak tahu di wajah orang lain ada bakteri atau enggak. Kalau sharing ya akan berakibat bakteri menempel di kulit dan menyebabkan jerawat, iritasi, bahkan infeksi," ujarnya.

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, wanita tak harus selalu berfokus pada perawatan kulitnya saja, penting juga untuk selalu membersihkan alat-alat makeup secara maksimal.

Ariana mengingatkan untuk selalu mencuci bersih sponge bedak dan kuas makeup menggunakan sabun yang dicampur dengan produk cairan antiseptik lalu mengeringkannya. Sekejap semua alat makeup Anda akan steril dan wajah terhindar dari bakteri yang sebabkan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini