Sukses

Menangis Bikin Turun Berat Badan, Apa Iya?

Tahukah Anda bahwa menangis juga bisa membantu kita mengenyahkan beberapa kilo kelebihan berat badan?

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kita tahu bahwa menangis bermanfaat melepas semua bentuk emosi, entah itu rasa sedih atau bahagia. Tapi tahukah Anda bahwa menangis juga bisa membantu kita mengenyahkan beberapa kilo kelebihan berat badan?

Apa hubungan antara menangis dan penurunan berat badan? Alasannya sederhana, menangis membantu tubuh melepaskan hormon kortisol--hormon stres--yang membuat Anda panik dan menahan kelebihan lemak di perut. Jadi, berkurangnya hormon kortisol melalui proses menangis, Anda tak hanya menjadi bahagia melainkan juga lebih mudah memangkas bobot tubuh.

Dari laman The Sun mengutip Pop Sugar, Jumat (19/8/2016), pakar stres Dr Pete Sulack mengatakan, "Untuk secara sehat melepaskan beban emosional dan psikologis serta emosi yang membuncah, menangis juga juga baik untuk mengurangi tingkat stres pada tubuh."

Penjelasan itu juga didukung oleh sebuah studi dari St Paul-Ramsey Medical Centre di Minnesota, Amerika Serikat yang menyebutkan air mata sebetulnya mengandung hormon stres.

Menurut Dr Sulack, kandungan dalam air mata merupakan kombinasi hormon berbasis dua protein--prolaktin dan adrenokortikotropik--serta satu penghilang rasa sakit alami, esefalin. Semuanya itu diproduksi oleh tubuh ketika berada dalam kondisi stres berat.

Saat kita sedang dalam kondisi tertekan, tubuh melepaskan adrenalin serta kortisol untuk menyiapkan energi fisik serta kekuatan ekstra yang berasal dari karbohidrat serta lemak yang disimpan tubuh. Jadi ketika kita sedang merasa terancam secara fisik, tubuh mengeluarkan cadangan energi lalu mencari penggantinya.

Kortisol juga membuat kita makan lebih banyak karena hormon tersebut memengaruhi leptin. Bagi individu yang terus-menerus dilanda stres atau mengalami stres kronis artinya kadar kortisolnya selalu tinggi. Hal itu membuat tubuh mengira perlu bahan bakar ekstra dan menyimpannya di sekitar perut sebagai cadangan.

"Sebenarnya menghilangkan hormon adrenokortikotropik bisa mengurangi kadar kortisol dalam tubuh," lanjut Dr Sulack.

Sudah tahu kan manfaat menangis? Jadi jangan tahan air mata Anda saat sedang ingin menangis ya, siapa tahu Anda mendapat bonus tubuh jadi lebih langsing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.