Sukses

Ingin Punya Anak? Calon Ayah dan Ibu Hindari Konsumsi Alkohol

Tak cuma wanita, para pria juga wajib memperhatikan kesehatan bila ingin anak sehat.

Liputan6.com, New York- Selama ini wanita dianggap yang paling perlu memperhatikan kondisi kesehatan jelang kehamilan dan saat hamil. Ternyata, pria sebagai calon ayah juga perlu menghindari rokok dan alkohol bila ingin punya anak sehat.

Kondisi kesehatan ayah rupanya punya peran penting terhadap kesehatan anak. Usia, kesehatan, dan gaya hidup pria turut mempengaruhi kondisi bayi yang dilahirkan sang istri. Hal ini diketahui lewat studi yang dipublikasikan dalam studi terbaru peneliti Amerika Serikat.

Peneliti dari Georgetown Universtiy Medical Center antara kondisi ayah dengan bayi yang lahir. Salah satunya mengenai asupan minuman beralkohol para ayah seperti dikutip laman Women's Health, Jumat (19/8/2016).

Rupanya bayi bisa didiagnosis fetal alcohol spectrum disorder (FASD) meskipun ibu bukan peminum. Setelah ditelusuri, para ayah dari bayi FASD ini merupakan pecandu alkohol.

Bayi-bayi dengan gangguan spektrum alkohol janin membuat anak-anak ini memiliki gangguan tampilan wajah, pendek, ukuran kepala lebih kecil. Tak cuma itu anak-anak juga memiliki koordinasi tubuh rendah, kecerdasan rendah, dan masalah dengan perilaku.

Lalu, pada pria tua cenderung memiliki anak dengan kondisi skizofrenia, autisme, dan cacat lahir. Sementara pada ayah obesitas cenderung memiliki anak-anak yang memiliki risiko diabetes, obesitas, dan kanker otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.