Sukses

Perhatikan Ini Saat Memilih Masker Penutup Hidung dan Mulut

Dalam memilih masker, tebal dan tipis bahan masker bukan menjadi tolok ukur masker dapat dikatakan layak pakai.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda berkendara dengan motor tentu tentu penting menggunakan masker penutup mulut. Selain untuk menghindari debu, masker penutup mulut juga melindungi hidung dan pernapasan manusia dari partikel asing. Sayangnya masih banyak individu yang salah dalam menggunakan masker penutup mulut ini.

Adelena Anwar, Sp.THT-KL dari Rumah Sakit Khusus THT-Bedah KL Proklamasi Menteng, Jakarta, mengingatkan pentingnya perhatian yang lebih dalam penggunaan masker penutup mulut. Dalam memilih masker, tebal dan tipis bahan masker bukan menjadi tolok ukur masker dapat dikatakan layak pakai.

"Mau tebal atau tipis masker itu tergantung aktivitas pemakaian, yang penting itu gunakan masker yang sekali pakai," ujar Adelena.

Bagi individu yang lebih menyukai penggunaan masker penutup mulut berjenis buff atau masker bandana, penting untuk mencucinya setiap hari untuk menjaganya tetap higienis.

"Dicucinya ya pakai sabun dan air. Kalau pakai air panas ya belum tentu juga maskernya jadi steril lagi, orang mandi pake air panas aja belum tentu steril," tutup Adelena saat ditemui Health-Liputan6.com, usai peluncuran Dyson Pure Cool Link, di Grand Indonesia, ditulis Jumat (19/8/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.