Sukses

Waspada, Sumber Alergi Tak Hanya Berasal dari Kucing atau Anjing

Selain anjing dan kucing, spesies serangga pun menjadi sumber nomor satu terjadinya alergi pada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Selain faktor gen atau keturunan, penyebab lain terjadinya alergi berasal dari bulu binatang seperti kucing atau anjing. Namun selain kedua binatang tersebut, spesies serangga menjadi sumber nomor satu terjadinya alergi melanda tubuh manusia.

"Alergi setiap orang berbeda tetapi jika bicara tentang sumber, yang paling sering itu adalah kecoak, burung, dan kelinci," ungkap dr. Adelena Anwar, Sp.THT-KL dari RS THT KL Proklamasi Menteng, Jakarta, kepada Health-Liputan6.com, usai acara peluncuran Dyson Pure Cool Link, di Grand Indonesia, Kamis (18/8/2016).

Kecoak yang lewat saja mampu membuat seseorang bersin-bersin seketika, lanjutnya. Menurut Adelena, partikel jahat atau kotor yang menempel di badan kecoak dan serangga lainnya mudah memicu seseorang untuk bersin, terlebih pada orang yang memiliki alergi kronis.

"Seperti boneka saja juga termasuk sumber pemicu kotoran udara dan alergi. Semua yang berbulu mempunyai potensi mengumpulkan debu dan sebagainya," ujarnya.

Selain dari binatang, sumber udara kotor dan penyebab alergi berasal dari zat-zat kimia, "Kalau kita mau mengecat tembok kan biasanya pake tiner, itu aja bisa menyebabkan orang jadi sesak napas."

Partikel dari zat kimia ketika mengeluarkan bau yang menyengat--dan menyerang hidung orang yang alergi atau sensitif--akan mudah menyebabkan seseorang alergi dan memiliki masalah pada pernapasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini