Sukses

Begini Cara Deteksi Kehamilan Dini dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak wanita, tanda-tanda awal kehamilan biasanya jarang diketahui. Biasanya, mereka baru menyadarinya, ketika sudah terlambat haid sekitar empat atau enam minggu setelah pembuahan.

Namun Anda perlu tahu, ada sedikit perubahan pada tubuh saat hamil. Kenali gejalanya, seperti dilansir Ehow, Jumat (19/8/2016):

1. Payudara terasa bengkak atau sedikit lebih besar dari biasanya

Ketika Anda hamil, payudara akan membengkak. Kondisi ini biasanya terjadi sekitar enam hingga delapan minggu usia kehamilan. Anda juga dapat melihat puting yang sedikit berwarna lebih gelap. 

2. Mual atau muntah sepanjang hari

Beberapa wanita merasa mual yang biasa disebut morning sickness pada dua minggu setelah pembuahan, namun bisa juga dimulai pada minggu keempat kehamilan. Walaupun bernama “morning sickness", tetapi hal ini dapat terjadi di sepanjang hari sebagai gejala kehamilan.

3. Luar biasa lelah dan ingin sekali tidur siang

Karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh, wanita hamil cenderung merasa lelah luar biasa dan enggan beraktivitas.

4. Perhatikan rasa makanan dan baunya

Jika Anda merasa makanan favorit Anda tidak lagi memiliki rasa dan bau yang seperti biasanya, atau mungkin Anda mengidam suatu makanan yang tidak biasa Anda makan. Hal ini bisa menjadi suatu tanda kehamilan.

5. Perhatikan jika ada bercak darah

Pendarahan kecil dapat terjadi selama implantasi, dimana embrio menempel ke dinding rahim Anda sehingga menyebabkan bercak darah yang dapat terlihat di celana Anda.

6. Perhatikan jika Anda lebih sering bolak balik kamar mandi

Sering buang air kecil, bisa menjadi tanda awal kehamilan. Hal ini dikarenakan fluktuasi hormon dalam tubuh.

Jika Anda sudah memperhatikan tanda-tanda tubuh di atas, Anda bisa memastikannya dengan melakukan tes kehamilan di rumah dna konsultasi ke dokter obgyn.